Brilio.net - Yang suka melihara kucing pasti pernah merasakan kejadian yang bikin sebel ini. Si kucing datang ke rumah membawa bangkai hewan dan bikin rumah jadi berantakan. Belum lagi kalau aksinya nggak ketahuan. Bisa-bisa, satu rumah jadi berbau tidak sedap karena bangkai yang membusuk. Kebiasaan ini susah dihilangkan karena kucing memang suka berburu mangsa seperti burung kecil atau tikus.

Jengkel dengan kucingnya yang sering membawa bangkai burung ke dalam rumah, seorang pria yang bekerja untuk Amazon membuat sebuah Kecerdasan buatan (AI) untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Dilansir brilio.net dari TheVerge, Senin (1/7) Ben Hamm mengintegrasikan AI dengan lubang kecil di pintu (cat flap) yang sering digunakan si kucing untuk masuk ke rumah.

AI agar kucingnya tak bawa © 2019 brilio.net

foto: TheVerge.com

Sebuah kamera dan modul komputer bisa mengidentifikasi jika si kucing datang sendirian atau lagi membawa 'kado' sebuah bangkai. AI ini sendiri dilatih lewat Machine Learning dengan ribuan foto kucingnya dengan sang 'kado'. Algoritma AI ini akhirnya bisa mengidentifikasi aksi menjengkelkan si kucing dengan akurasi yang lumayan besar.

Loading...

Jika terdeteksi membawa bangkai hewan, lubang tersebut akan tertutup selama 15 menit. Setelah itu, Ben akan mendapat pemberitahuan tentang aksi jahil kucingnya tersebut. Ben juga menambahkan fitur yang secara otomatis mendonasikan sejumlah uang ketika si kucing membawa bangkai ke National Audubon Society (NAS). NAS sendiri adalah organisasi yang melakukan konservasi terhadap berbagai jenis burung yang sering menjadi incaran kucing rumah.

Keren juga ya sobat Brilio?

RECOMMENDED BY EDITOR