Brilio.net - Aglonema menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak diburu masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan warna kemerahan pada daunnya membuat aglonema menjadi tanaman favorit. Meskipun harganya mencapai ratusan ribu rupiah, namun tak membuat orang mundur mencarinya untuk dijadikan hiasan di rumah.

Meski dikenal dengan dengan daunnya berwarna kemerahan, namun tak semua daun aglonema berwarna kemerah-merahan. Ada beberapa spesies aglonema yang berwarna hijau seperti aglonema modestum dan aglonema commutatum. Kedua jenis ini bukan hasil persilangan.

Dilihat dari silsilahnya, tanaman aglonema merupakan tanaman yang masuk dalam famili Araceae dengan filum Plantae. Sebenarnya aglonema sudah ada di Indonesia sejak lama. Namun kehadirannya mulai dilirik beberapa waktu belakangan, hingga akhirnya menduduki tanaman hias dengan harga selangit.

Di Indonesia ada beberapa jenis aglonema yang cukup populer, salah satunya aglonema kocin. Buat kamu yang memiliki aglonema jenis kocin atau malah ingin mencoba memilikinya, tentu harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Nah, berikut jenis bunga aglonema kocin yang banyak diburu dan cara merawatnya, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (20/2).

1. Lindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Sama dengan beberapa jenis aglonema lainnya, kocin tembaga juga tak sehat jika diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Kamu perlu meletakkannya di tempat yang teduh.

Hal ini dikarenakan habitat asli aglonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk. Kamu juga perlu melindungi aglonema dari air hujan, terlalu banyak air akan membuat akar membusuk dan daun menjadi tidak sehat.

2. Aturan dalam menyiram.

Jangan terlalu sering menyiram aglonema kocin tembaga. Seperti yang sudah disebutkan di atas, terlalu banyak air akan membuat akar tanaman menjadi busuk dan akibatnya tanaman menjadi layu atau mati.

Oleh karena itu sebaiknya siramlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi, daunnya pun dapat terjaga dengan baik.

3. Memangkas daun yang layu.

Terkadang daun menjadi layu karena beberapa hal, terlalu sering terkena matahari, menyiram dalam jangka waktu yang salah dan sebagainya. Solusi agar daun menjadi tetap subur, kamu perlu menggunting bagian daun yang layu, dengan begitu daun terlihat segar kembali.

4. Mengelap daun aglonema kocin tembaga.

Jika kamu memiliki tumbuhan aglonema, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kamu harus mengecek secara rutin dan juga mengelap daunnya.

Jika kamu membiarkan daun aglonema berdebu, maka banyak bakteri yang menempel dan menyebabkan kondisi daun menjadi tidak sehat.

5. Gembur tanah agar aglonema berkembang.

Jika kamu ingin aglonema kocin tembaga terlihat rindang, maka yang perlu kamu lakukan adalah gemburlah media tanam tersebut.

Kondisi tanah yang keras akan membuat aglonema sulit berkembang. Kamu bisa melakukannya satu bulan sekali. Kamu juga bisa mengganti tanah yang baru jika dianggap sudah cukup mengeras.

Berikut ini ada beberapa jenis aglonema kocin yang cukup populer di Indonesia:

1. Aglonema pink rainbow.

Jenis bunga aglaonema kocin yang banyak diburu Instagram

foto: carousell.com.my



Sesuai dengan namanya, aglonema pink rainbow ini memiliki warna pink yang sangat menyegarkan mata. Keindahan warnanya semakin terlihat karena dipadu dengan warna hijau. Tak heran jika banyak yang menginginkan tanaman hias satu ini.

2. Kocin tembaga.

Jenis bunga aglaonema kocin yang banyak diburu Instagram

foto: Instagram/@mad.rofik.7



Tanaman hias satu ini memiliki tampilan sangat unik karena jika dilihat secara sekilas, warna daunnya seperti warna tembaga. Tak heran jika banyak orang memburunya. Tampilan daunnya semakin cantik dengan dengan warna hijau dan merah muda.

3. Kocin chameleon.

Jenis bunga aglaonema kocin yang banyak diburu Instagram

foto: Instagram/@romy_saputro89



Kocin chameleon memiliki keistimewaan yang luar biasa. Pasalnya, daun kocin chameleon ini didominasi dengan warna merah cemerlang dipadu dengan warna kuning dan hijau. Paduan warna itulah yang membuat banyak orang tergila-gila.

4. Kocin suksom jaipong.

Jenis bunga aglaonema kocin yang banyak diburu Instagram

foto: Instagram/@sibling.houseplant



Kocin suksom jaipong memiliki warna yang cukup mewah dan elegan, paduan warna merah cerah dan hijau mengelilingi daunnya.

5. Kocin paramruay.

Jenis bunga aglaonema kocin yang banyak diburu Instagram

foto: Instagram/@legacy_nursery



Kocin paramruay merupakan aglonema kocin yang cukup populer di antara yang lainnya. Banyak masyarakat yang tertarik dengan jenis aglonema kocin satu ini. Meski mudah ditemui, tanaman hias ini tidak pernah sepi peminat lho.