Brilio.net - Di dunia ini ada sangat banyak sekali kota-kota yang terdapat dalam suatu negara. Sampai kini bahkan beberapa kota itu masih diteliti para arkeolog karena dianggap masih menyimpan banyak misteri.

Ada beberapa yang sudah ada sejak zaman batu dan masih terus diungkap bagaimana sejarahnya, peradabannya dan hal lainnya yang belum terpecahkan. Usai membacanya, kamu pasti bisa membayangkan bagaimana kehidupan di kota itu pada zaman dulu.

Daripada kamu makin penasaran, langsung aja simak ulasannya di bawah ini, deretan kota yang dianggap tertua di dunia seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Selasa (8/8):


1. Faiyum, Mesir.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Faiyum adalah salah satu kota tertua di dunia yang terletak di Mesir, sekitar 65 mil tenggara Kairo. Kota ini dianggap tertua karena didirikan pada tahun 4000 SM.

Dahulu di era Firaun, kota ini disebut Medinet el Faiyum, yang dalam sejarah kunonya juga dikenal sebagai 'kota buaya', karena kota ini menyembah seekor buaya suci yang dijinakkan bernama Petsuchos.

Antara 309 dan 246 SM, Ptolemy II Phuladelphus, Raja Mesir, mendirikan kembali kota tersebut setelah keberadaan agama Kristen, Arsinoe menjadi administrator teritorial. Dulunya di kota ini juga banyak mempunyai pasar dan masjid.


2. Sidon, Lebanon.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Sidon terletak sekitar 23 mil selatan Beirut dan dianggap sebagai kota terbesar ketiga di Lebanon. Sidon adalah nama Arab yang bertepatan dengan kata modern 'fishery'.

Kota ini dihuni pada 4000 SM ketika perang saudara Libanon yang intens dan dianggap sebagai kota yang banyak punya keturunan Helenistik, Romawi dan Ottoman.

Orang-orang yang tinggal di Sidon sangat ahli dalam seni dan bordir, yang di dalamnya mayoritas merupakan produsen kaca dan pewarna ungu yang sangat sukses. Dengan 10.000 penduduk, Sidon adalah kota nelayan kecil, namun saat ini telah berkembang menjadi populasi lebih dari 300.000 penduduk.


3. Athena, Yunani.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Athena adalah salah satu kota tertua di dunia. Kehadiran manusia di kota ini diperkirakan terjadi sekitar abad ke-11 dan ke-7 ribuan tahun SM.

Tuduhan invasi dan penghancuran Athena selama 1200 SM membuat kota ini mengalami kemunduran ekonomi selama sekitar 150 tahun kemudian. Hari ini Athena adalah ibu kota Yunani yang diakui sebagai kota global karena kepentingannya terhadap pengiriman, keuangan, hiburan dan perdagangan internasional. Dalam sebuah studi, Athena disebut menduduki peringkat ke-29 kota terkaya dengan daya belinya


4. Plovdiv, Bulgaria.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Plovdiv yang terletak di Bulgaria ini dianggap sudah berpenduduk sejak 6 milenium SM. Dengan populasi lebih dari 300.000, Plovdiv berdiri sebagai kota terbesar kedua di Bulgaria.

Kota ini dibangun di tujuh bukit yang berada 250 meter di atas permukaan laut, karena itu Plovdiv juga dijuluki 'Kota Tujuh Bukit'. Kota ini berada di bawah pengaruh Suku Thracia, sekelompok suku Indo-Eropa. Pada tahap selanjutnya, kota tersebut sempat sampai ke tangan Romawi, Yunani, Hun, Persia dan Turki.


5. Gaziantep, Turki.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Gaziantep sebelumnya disebut sebagai Antep, sebuah kota sangat tua yang terletak 97 kilometer sebelah utara Suriah. Kota ini dianggap sebagai salah satu pemukiman tertua dalam sejarah manusia dengan jejak-jejak yang akan kembali ke milenium ke-4 SM.

Selama sejarah abad pertengahan, kota ini diperintah oleh Tulunids, yang kemudian diambil alih oleh Ottoman. Gaziantep berada di peringkat 6 untuk kota terpadat di Turki dengan populasi sekitar 1.465.019 penduduk. Kota ini pun telah mengalami banyak pembantaian, genosida, dan serangan teror.


6. Susa, Iran.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Susa adalah sebuah kota kuno di Iran yang memiliki pemukiman tertua pada awal 4395 SM. Kota ini terletak di sebelah timur Sungai Tigris, antara Sungai Karkheh dan Dev, di Pegunungan Zagros bawah sekitar 250 km timur.

Penduduk Susa sangat mahir dalam memproduksi keramik, stoples kecil dan barang-barang unik lainnya. Menurut survei tahun 2005, Susa mempunyai populasi sekitar 64.960 orang.


7. Damaskus, Suriah.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Damaskus adalah ibu kota Suriah dan merupakan salah satu kota tertua di dunia. Kota ini mengalami serangan terorisme yang menyebabkan cukup banyak kerusakan pada negara dan menyebabkan berkurangnya populasi.

Pemukiman awal di Damaskus ada pada tahun 6300 SM dan kemudian diperintah oleh Raja Biryawaza. Di kota itu terdapat jaringan terowongan dan jaringan air yang masif.


8. Aleppo, Suriah.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Aleppo adalah kota terpadat di Suriah dengan populasi sekitar 2.132.100 (data sensus 2004). Kota ini memiliki banyak warisan arkeologi, dan dianggap telah ditempati sejak 5000 SM.

Bahkan sebelum Damaskus, Aleppo sudah muncul dalam catatan sejarah sebagai kota penting dan tertua di dunia. Kota Aleppo berada di bawah pengaruh besar agama dan disebut Ha-lam dari milenium ketiga SM.


9. Byblos, Lebanon.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Byblos ditemukan antara tahun 8800 dan 7000 SM, dan juga dianggap sebagai kota tertua di seluruh dunia. Byblos terletak 42 kilometer utara Beirut.

Pada tahun 1921, arkeolog menemukan puing-puing, yang pada akhirnya menganggap kota tersebut menjadi kota kuno dan bersejarah. Tanda pertama adanya kota ini diperkirakan terjadi pada milenium ke-3 SM.


10. Jericho, Palestina.

10 Kota paling tua di dunia © 2017 brilio.net

Jericho terletak di dekat Sungai Yordan dan diperintah oleh faksi Fatah dari Otoritas Nasional Palestina. Disebut kota paling tua, karena Jericho memiliki dinding pelindung tertua di dunia dan menara batu yang ditaksir lebih tua daripada kota-kota lainnya.

Kota ini diyakini para arkeolog sudah ada sejak Zaman Neolitik, milenium ke-9 SM.