Brilio.net - Dalam setiap pembelian sepeda motor baru dari dealer resmi, kamu pasti akan mendapatkan garansi. Tapi hati-hati, garansi bisa hangus saat kamu tak telaten merawat sepeda motormu. Bukannya untung, kamu malah bisa buntung saat terjadi masalah berat di jalan. Belum lagi jika kamu membeli sepeda motor tersebut secara kredit. Biaya memperbaiki ditambah cicilan pasti akan memberatkan kantongmu.

Garansi bisa berupa jaminan mesin, rangka dan sistem kelistrikan, atau komponen khusus dalam sepeda motor. Dengan adanya garansi, kamu tak perlu khawatir harus merogoh kocek terlalu dalam saat sepeda motormu mengalami kerusakan di jalan. Pastikan juga kamu sudah mendapat penjelasan lengkap dari dealer resmi tentang garansi di awal pembelian.

Perlu dicatat, garansi resmi mempunyai persyaratan khusus agar bisa diklaim saat terjadi kerusakan. Setiap sepeda motor mempunyai garansi yang berbeda-beda, tergantung kebijakan produsen dan dealer tempatmu membeli. Biasanya, garansi akan berlaku selama beberapa tahun atau jika sepeda motor sudah menempuh jarak tertentu.

Dealer atau produsen resmi akan menolak memberikan garansi jika kerusakan di luar tanggung jawab mereka. Sebagai konsumen, kita juga harus menjaga sepeda motor agar bisa awet saat dikendarai sehari-hari.

Diulas Brilio.net dari berbagai sumber, berikut lima hal yang bisa menghanguskan garansi sepeda motormu.

Loading...

1. Tidak melakukan servis berkala.

Jangan lakukan 5 hal ini agar garansi sepeda motor kamu tak hangus © 2020 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Servis berkala sangat penting untuk sepeda motor baru. Komponen baru bisa cepat aus jika tak dirawat saksama. Berbahaya, garansi sepeda motor akan hangus saat kamu lupa melakukan servis rutin. Jadwal servis dan perawatan rutin sudah tertera di buku servis dan garansi yang kamu terima ketika membeli sepeda motor baru. Tak perlu ribet, kebanyakan dealer resmi menawarkan servis rutin gratis dalam jangka waktu tertentu.

2. Menghilangkan buku servis dan garansi.

Jangan lakukan 5 hal ini agar garansi sepeda motor kamu tak hangus berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Buku servis dan garansi itu ibarat catatan penting kesehatan sepeda motor yang kamu beli. Jangan sampai menghilangkan buku-buku ini karena bisa menghilangkan garansi. Dealer akan membutuhkan buku servis dan garansi untuk proses klaim garansi jika terjadi kerusakan komponen sepeda motormu.

3. Memodifikasi sistem elektrikal.

Jangan lakukan 5 hal ini agar garansi sepeda motor kamu tak hangus berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Pengubahan komponen sepeda motor atau modifikasi haram hukumnya. Jika dilakukan, garansi akan secara otomatis hangus. Usahakan untuk selalu menggunakan sistem elektrikal yang asli dari produsen. Sistem elektrikal ini meliputi perkabelan, lampu, dan sistem komputer yang ada di sepeda motor.

4. Kerusakan karena pemakaian.

Jangan lakukan 5 hal ini agar garansi sepeda motor kamu tak hangus berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Garansi akan hilang saat terjadi kerusakan karena pemakaian konsumen. Misalnya, dealer tak akan mau mengklaim kerusakan yang terjadi karena kegiatan balapan. Selain itu, penggunaan bahan bakar atau oli yang tidak sesuai spek juga bisa menghanguskan garansi. Garansi juga tak akan berlaku saat kamu terlibat kecelakaan di jalan.

5. Memperbaiki sepeda motor bukan di dealer resmi.

Jangan lakukan 5 hal ini agar garansi sepeda motor kamu tak hangus berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Untuk menjaga kualitas, dealer pasti merekomendasikan untuk memperbaiki sepeda motor di bengkel resmi. Mekanik yang ahli di bidangnya dan sparepart asli jadi alasan utama. Jika kamu memperbaiki sepeda motor di bengkel tak resmi, garansi akan hangus dan tidak bisa diklaim lagi.

Garansi sangat penting untuk dijaga. Selain menghemat biaya perawatan, kamu juga akan tenang saat di jalan karena sepeda motor sudah dijamin kesehatannya. Oleh karena itu, sebelum memilih sepeda motor impian, kita perlu mempelajari syarat dan ketentuan garansi. Jangan sampai kantongmu jebol karena ceroboh saat memakai sepeda motor.

Selain garansi, ada beberapa faktor lain agar kantongmu tak jebol merawat sepeda motor. Besarnya perawatan sepeda motor dan cicilan kredit juga harus kamu perhatikan. Garis besarnya, seluruh cicilan yang sedang kamu lakukan tak boleh lebih dari 30% dari total pemasukanmu selama satu bulan. Membeli sepeda motor merupakan investasi yang harus kita jaga untuk menunjang keseharian kita.

Nah, kira-kira kamu punya sepeda motor impian nggak sih? Yuk, ikuti survey berikut untuk mengetahui sepeda motor yang cocok buat kamu. Dapatkan penawaran kredit terbaik dengan cicilan ringan sesuai kantongmu. Pastinya, garansi yang ditawarkan tak akan membuatmu khawatir saat terjadi kerusakan sepeda motor.

RECOMMENDED BY EDITOR