Brilio.net - Sebagai life-centric finance solution, Bank Jago telah melakukan banyak inovasi demi menjawab tantangan keuangan yang ada di masyarakat. Tidak hanya itu, Bank Jago juga ingin meningkatkan budaya kolaborasi di era digital seperti sekarang ini. Salah satunya dengan meluncurkan Kumpul Jagoan yang menjadi sebuah wadah edukasi bagi masyarakat untuk saling bertemu, berkolaborasi, dan mendukung satu sama lain dalam upaya meraih tujuan keuangannya. 

Lahirnya Kumpul Jagoan didorong oleh tingginya kekhawatiran masyarakat terkait tantangan keuangan dalam kehidupan sehari-hari dan keinginan untuk meningkatkan kemampuan mengelola keuangan. 

Dalam proses perumusan Kumpul Jagoan, Bank Jago berkolaborasi dengan berbagai komunitas di Indonesia dan mendengarkan minat serta tantangan keuangan yang mereka hadapi selama ini. Berangkat dari hal tersebut, Bank Jago membuka berbagai forum diskusi serta merumuskan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan dari para pesertanya.

danamonrilis danamonrilis

foto: Bank Jago /Head of Sustainability Bank Jago, Andy Djiwandono

"Sebagai life-centric finance solution, Bank Jago terus berupaya untuk memahami kebutuhan masyarakat termasuk tantangan finansial yang seringkali dialami dalam keseharian mereka mulai dari kesulitan untuk membayar tagihan bulanan, memisahkan uang untuk berbagai kebutuhan, hingga sulitnya membuat perencanaan dalam mengelola keuangan," tutur Head of Sustainability Bank Jago, Andy Djiwandono. 

Lebih lanjut, Andy juga berharap dengan hadirnya Kumpul Jagoan dapat membantu masyarakat belajar meningkatkan kesehatan finansialnya serta membuka kesempatan untuk para peserta bersama-sama berkolaborasi mengembangkan diri agar mereka semakin jago mengatur keuangan.

Memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi finansial digital yang berfokus pada kehidupan, Bank Jago melalui Aplikasi Jago (Jago App) tertanam di berbagai ekosistem digital. Kolaborasi dengan ekosistem digital menjadi salah satu aspek penting untuk memampukan nasabah dalam mencapai tujuan keuangannya. Saat ini aplikasi Jago juga telah terhubung dengan platform digital seperti Bibit, Gojek, dan Stockbit sehingga dapat memudahkan transaksi keuangan di kalangan pengguna.

Memudahkan ibu-ibu arisan.

Adanya Kumpul Jagoan memberikan manfaat bagi berbagai kalangan. Salah seorang perwakilan Komunitas Ibu Canggih Finansial, Almanda Nabila, menuturkan bahwa hadirnya fitur Jago memudahkan para ibu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

bankjagorilis bankjagorilis

foto: Bank Jago

"Hadirnya fitur Jago juga memudahkan kebutuhan kami sehari-hari sebagai ibu, salah satunya dengan adanya Kantong Arisan. Dengan menggunakan satu kantong, kita dapat mengundang seluruh partisipan arisan dan mengatur keuangan bersama di dalam kantong tersebut. Jadi semuanya lebih aman dan transparan," terang Almanda.

danamonrilis danamonrilis

foto: Bank Jago/Certified Financial Planner, Nadia Harsya

Pada kesempatan ini, Certified Financial Planner, Nadia Harsya juga turut hadir untuk memberikan materi mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan. Nadia yang telah terjun sebagai financial planner selama kurang lebih 11 tahun memberikan tips dan trik agar kegiatan arisan tetap terasa fun dan cashflow tetap aman.

“Di Indonesia, arisan bisa dikatakan telah menjadi budaya karena secara sosial orang Indonesia senang berguyub sehingga arisan menjadi sangat common atau wajar,” ujar Nadia.

Nadia juga menyampaikan beberapa kelebihan kegiatan arisan mulai dari ajang sosial dan silaturahmi, sarana berdagang, sarana hiburan, mendapatkan barang lebih cepat, dan menilai komitmen dan karakter seseorang. 

Lebih lanjut, Nadia juga menyampaikan kepada para Jagoan untuk lebih selektif dalam memilih kegiatan arisan, salah satunya dengan memilih penyelenggara yang dapat dipercaya.

danamonrilis danamonrilis



foto: Bank Jago

Tak hanya membahas urusan finansial.

Ke depannya, Kumpul Jagoan akan berperan di dalam berbagai kegiatan berbasis komunitas finansial yang akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Topik yang diangkat dalam kegiatan ini mulai dari pengelolaan keuangan sehari-hari seperti, pengembangan personal dan karier, kesehatan mental (mental health), pengasuhan anak (parenting), serta berbagai aspek yang berfokus pada kehidupan.

Yang lebih menarik, rangkaian kegiatan ini nantinya akan diisi oleh berbagai pakar, seperti pakar keuangan, psikologi, dan parenting untuk memberikan nilai lebih bagi para peserta. 

Kegiatan berbasis komunitas Kumpul Jagoan terbuka untuk umum sehingga dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Mengenai jadwal dan topik kegiatan Kumpul Jagoan akan disampaikan melalui media sosial dan situs resmi Bank Jago secara berkala. 

"Hadirnya Kumpul Jagoan sangat menarik dan bermanfaat bagi kami. Melalui program ini, kami bisa belajar berbagai hal yang dapat meningkatkan kapasitas diri seperti mengelola keuangan agar uang bulanan untuk kebutuhan keluarga dan pribadi tetap aman. Selain itu, kegiatan ini juga membuat saya bisa berjejaring dan berkolaborasi dengan teman-teman yang berasal dari komunitas lain maupun berkonsultasi dengan pakar keuangan sehingga kami bisa mendapatkan solusi atas tantangan yang dihadapi," pungkas Almanda.