Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inventaris adalah daftar yang memuat semua barang milik perusahaan atau institusi yang meliputi sekolah, perusahaan, kapal, dan sebagainya. Inventaris dapat digunakan untuk menunjang produktivitas atau kegiatan operasional perusahaan. Inventaris juga menjadi bagian yang penting bagi perusahaan atau institusi karena perputarannya dapat menghasilkan laba untuk para pemegang saham.

Oleh karena itu, inventaris perlu dikelola dengan baik secara rapi dan tepat. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai inventaris, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (1/7).

Pengertian inventaris

pengertian dan penjabaran inventaris © berbagai sumber

foto: Unsplash/Danny Muller

Inventaris adalah suatu daftar fasilitas yang ada di seluruh bagian institusi termasuk gedung dan isinya. Inventaris yang dibuat harus mengandung informasi yang jelas dan mudah dimengerti sehingga dapat membantu kelancaran pekerjaan.

Menurut Budiono dalam buku Pengertian Inventarisasi Perlengkapan Kantor, inventaris adalah daftar yang memuat semua barang milik kantor yang digunakan untuk melaksanakan tugas. Sedangkan menurut Achmad, inventaris kantor adalah daftar barang-barang yang di dalamnya terdapat harga, jumlah, dan jenis keadaannya.

Inventaris kantor sangat penting bagi kelangsungan perusahaan atau instansi. Inventaris dapat berupa barang yang digunakan oleh para pegawai seperti komputer, meja, kursi, telepon, printer, dispenser, mesin, dan masih banyak lagi. Jika terdapat inventaris yang mengalami gangguan akan berpengaruh terhadap jalannya operasional perusahaan.

Kegiatan pencatatan dan pendaftaran barang milik perusahaan atau institusi disebut dengan inventarisasi. Menurut Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016, inventarisasi adalah kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, dan pelaporan hasil pendataan barang milik daerah.

Menurut Lukas dan Sumarto dalam buku Manajemen Logistik Pedoman Praktis Bagi Sekretaris dan Staf Administasi, inventarisasi merupakan kegiatan untuk menyediakan data atas semua logistik yang dimiliki, baik sebagai hasil usaha pembuatan sendiri, pembelian, pertukaran, atau hibah yang berkaitan dengan jenis, spesifikasi, jumlah, sumber, waktu pengadaan, harga, tempat, kondisi, dan perubahan yang terjadi untuk mendukung proses pengendalian dan pengawasan logistik.

Dalam pengelolaan inventarisasi terdapat informasi mengenai penerimaan, pemakaian, dan stok persediaan yang akurat dan lengkap. Kini perkembangan inventaris kantor semakin maju dan lebih mengarah pada efisiensi kerja.

Berdasarkan definisi di atas pengertian dari inventaris adalah daftar yang memuat catatan mengenai barang inventaris yang berada di dalam lingkungan satuan kerja.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR