Brilio.net - Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi salah satu pekerjaan yang banyak di impian masyarakat Indonesia. Nggak salah deh, kalau pendaftaran CPNS yang dibuka setiap tahunnya selalu dibanjiri peserta dari berbagai daerah. Ngomong-ngomong soal PNS, kamu penasaran kan nggak sih, siapa sosok yang jadi PNS pertama di Indonesia?

Dalam rangka memperingati HUT ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada Jumat (29/11), Pemda Yogyakarta mengunggah sebuah foto kartu PNS pertama di Indonesia. Kartu tersebut menunjukkan identitas sang pemilik yang ternyata merupakan seorang raja.

Sosok tersebut merupakan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sebagai PNS pertama di Indonesia, Nomor Induk Pegawai (NIP) yang dimiliki Sri Sultan Hamengkubuwono IX terbilang unik lantaran didominasi angka satu dan nol, yakni 010000001. Pada kartu PNS yang diunggah di akun Twitter @humas_jogja tersebut juga terpasang foto Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

PNS pertama © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@humas_jogja

Loading...

"Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001. Apakah sedulur sudah siap untuk mengabdi dan menjadi ASN di Pemda DIY?" tulis Humas Pemda DIY seperti dikutip brilio.net, Jumat (29/11).

Dalam foto tersebut, kartu PNS yang dimiliki Sri Sultan Hamengkubuwono IX tertera keterangan NIP, nama, tanggal lahir, serta tahun pengangkatannya sebagai pegawai, yakni pada 1940. Sri Sultan Hamengkubuwono IX memimpin Kesultanan Yogyakarta dari 1940-1988. Ia juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.