Brilio.net - Gimana rasanya menjadi bagian dari pihak yang berupaya menyuguhkan konten bermanfaat dan menghibur bagi masyarakat Indonesia dengan menulis? Pasti bangga, kan? Nah, inilah yang dilakukan oleh UC News dari Alibaba Mobile Business Group Company. Data UC News menyuguhkan bahwa lebih dari 1.000 penulis Indonesia, bloggers dan penerbit independen telah bergabung dalam program We-Media dari UCWeb dalam kurun waktu satu bulan sejak program diluncurkan.

Nah, dalam upayanya mewujudkan We-Media tersebut, UCNews meluncurkan tantangan Jagoan Nulis pada 15 Januari-13 Februari 2017. Tantangan Jagoan Nulis sendiri merupakan kontes pembuatan konten yang bertujuan untuk menemukan kontributor konten bertalenta di Indonesia. Kerennya, udah ada lebih dari 1.000 penulis di Indonesia dan 155 tim penulis bergabung dalam program UCWeb We-Media ini, lho. Dari kontes Jagoan Nulis ini, udah ada lebih dari 20.000 artikel yang terdiri dari beragam kategori, seperti hiburan, gaya hidup, sepak bola, teknologi, travel, dan masih banyak lagi.

Program yang merupakan bagian inisiatif UCWeb ini bertujuan membuat platform UC We-Media menjadi platform No.1 untuk konsumsi, kreasi dan layanan konten di Indonesia.

Nah, dalam mempromosikan kampanye ini, UC News memilih tiga key opinion leaders yang merepresentasikan keahlian di bidangnya, antara lain Pepe Komik, Didno76, dan Risky Nuraeni untuk menginspirasi masyarakat melalui kisah mereka. Yuk, kenalan sama masing-masing kreator konten tersebut.

1. Pepe Komik.

UCNews platform #1 Istimewa

Pepe Komik/foto: istimewa

Nama lengkapnya Prasetia Pradana. Cowok satu ini memang punya daya imajinasi dan kemampuan menggambar yahud sejak kecil. Dalam videonya, Pepe menceritakan tentang kisahnya menjadi seorang penulis komik buat nyampein isi pikirannya tentang kehidupan melalui komik. Pepe nggak cuma bikin komik yang menghibur, tapi juga menginspirasi banyak orang.

2. Didno76.

UCNews platform #1 Istimewa

Didno/foto: istimewa

Didno adalah seorang blogger yang menurutnya pribadi, pertama kali menemukan ketertarikan dalam bidang teknologi saat masih kecil. Tepatnya saat dia mencoba memperbaiki radio milik ayahnya yang rusak. Kini, selain menjadi blogger, Didno juga menjadi seorang guru yang beraspirasi untuk meningkatkan literasi teknologi kepada masyarakat.

Dalam videonya, Didno memaparkan bahwa ilmu pengetahuan nggak akan bermanfaat jikalau nggak dibagikan kepada orang banyak. Nah, maka dari itu, melalui UC News ini, Didno nggak cuma bisa ngajar murid-muridnya tapi juga menunjukkan ke masyarakat gimana membuat dunia menjadi lebih baik dengan teknologi.

3. Risky Nuraeni.

UCNews platform #1 Istimewa

Risky/foto: istimewa

Cewek berkerudung ini dikenal punya akun Skygoss di portal Jagoan Nulis UC News. Risky punya bakat khusus dalam sensitivitas yang bikin dia tahu fakta-fakta tersembunyi para selebriti sehingga bisa menulis cerita secara mendalam, unik, sekaligus menghibur orang.

Cewek yang hobi bikin kue dan dikenal sebagai 'ratu' di industri hiburan ini dalam videonya menunjukkan gimana dia bisa menghibur orang melalui tulisannya dan menggunakan UC News untuk mendistribusikan ceritanya kepada banyak orang.

Nggak berhenti dengan adanya tiga key opinion leaders di atas, UCWeb juga berencana menambah lebih dari dari 30.000 penerbit independen, blogger dan key opinion leader ke platform UCWeb di tahun 2017, dengan mencari kreator konten baru dan mengundang kreator konten yang telah berpengalaman untuk menghasilkan lebih dari 10.000 artikel untuk UC News setiap harinya.

Pada awal bulan ini, UCWeb telah mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan Rp 400 miliar pada 2 tahun mendatang di pasar Indonesia dan India. Dana tersebut akan digunakan untuk memanfaatkan potensi besar konten yang dibuat pengguna di Indonesia melalui distribusi berita dan platform konten, UC News.

 

 

 

RECOMMENDED BY EDITOR