Brilio.net - Biasanya memancing ikan memerlukan pancing dan kail. Selain itu umpan berupa cacing atau campuran pakan juga tak lupa disiapkan untuk memancing ikan datang. Setelah itu, kamu tinggal duduk manis dan ikan akan menghampiri umpan.

Ternyata ini bukan satu-satunya cara memancing ikan. Belakangan viral cara memancing ikan lele di internet menggunakan permen mentos dan soda. Postingan warganet @shrimpbinch ini langsung populer dengan lebih dari 80 ribu retweet dan 245 ribu likes. Dalam video tersebut, terlihat seseorang memperagakan cara menangkap ikan yang antimainstream.

Awalnya, si pemancing melempar beberapa butir mentos ke lubang tempat ikan lele berada. Tak hanya itu, satu telur juga masuk ke lubang tersebut. Setelah ditunggu beberapa saat, pemancing menyiramkan air soda ke dalam lubang. hebatnya, si lele langsung keluar dan gampang ditangkap dengan tangan oleh si pemancing.

Loading...

Ternyata cara memancing ini sudah lama dan sangat populer di luar negeri. Dilansir brilio.net dari akun Twitter @barrudeutch, Sabtu (16/11), ternyata memang ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Lubang yang ada di video tersebut sering terlihat di dekat sungai dan merupakan tempat favorit bagi ikan lele. Telur digunakan sebagai pemancing agar si lele mau keluar. Mentos dan air soda ketika larut dalam air menghasilkan karbon dioksida yang membuat lele susah bernapas. Karenanya, si lele akan bergerak menuju permukaan air. Dengan ini, si lele akan mudah ditangkap pemancing.

Walaupun viral, metode unik memancing ikan lele ini tetap saja masih menuai kontroversi. Banyak yang menganggap metode ini adalah hoaks karena merasa tidak mungkin ikan lele tertarik dengan aroma telur atau mentos.

"Setelah lebih dari 78 ribu retweet dan beberapa pertanyaan seputar video ini: Ini adalah hoaks, dan mungkin bercandaan yang bodoh," ujar akun Twitter @hoaxeye.

Hingga sekarang, kebenaran metode ini masih menjadi perdebatan warganet. Untuk kamu yang penasaran, berbagai video yang sama bisa kamu temukan di YouTube. Beberapa bahkan sudah ditonton hingga jutaan kali.

RECOMMENDED BY EDITOR