Brilio.net - Setiap agama di dunia ini memiliki cara masing-masing untuk menunjukkan sisi keagamaan mereka. Salah satunya adalah dengan membangun tempat suci bagi agama mereka yang bisa digunakan sebagai tempat berdoa.

KLIK JUGA: Ada di Indonesia bukan di Brasil, patung ini tertinggi di dunia

Selain tempat ibadah, para pemuka agama pun sering membuat patung-patung maupun monumen yang lekat dengan agama masing-masing. Nah, berikut ini 11 patung yang merupakan simbol keagamaan terbesar yang ada di dunia, seperti dilansir brilio.net dari theculturetrip, Senin (8/2):

1. Spring Temple Buddha.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: reddit.com

Spring temple merupakan patung Budha tertinggi di dunia yang berada di Provinsi Henan, China. Patung ini sendiri memiliki tinggi 128 meter. Total tinggi dengan alas dan bunga lotus pijakannya adalah 153 meter. Spring Temple dibuat selama 11 tahun, yaitu dari tahun 1997 dan baru selesai pada 2008. Salah satu landmark kota China ini dibangun menggunakan 1.100 keping tembaga.

2. Patung Yesus "Sang Penebus", Brasil.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto:ancientworldwonders.com

Christ The Redeemer atau Patung Yesus Sang Penebus adalah patung Yesus yang terletak di daerah Rio de Janeiro, Brasil. Patung Yesus dengan kedua tangannya terbuka seperti merengkuh seluruh umat ini memiliki tinggi sekitar 30 meter. Karena letaknya di ketinggian, tepatnya di puncak Gunung Corovado, pengunjung yang datang pun bisa memandangi suasana kota Rio mulai dari pelabuhan Guanabara Utara sampai Lagoa Rodgigo de Freitas dari atas.

3. Patung Dewa Shiwa, India.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: cdn.karnataka.com

Patung tertinggi kedua yang menggambarkan Dewa Siwa di dunia, terletak di kota Murudeshwar, di pantai barat India. Patung setinggi 37 meter ini merupakan bagian dari kompleks candi yang dibangun selama dua tahun. Patung dewa dengan empat lengan ini tampak makin gagah karena dikelilingi oleh laut Arab.

4. Patung Dewa Wisnu (GWK), Bali.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia
foto: indonesia-paradisme.blogspot.co.id

Patung Dewa Wisnu terbesar di Indonesia ini berada di taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), bukit Unggasan, Jimbaran, Bali.  Patung Dewa Wisnu ini sekaligus satu kompleks dengan Patung Garuda, burung yang menjadi ikon negara Indonesia. Patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter ini adalah karya dari pematung asli Bali, I Nyoman Nuarta.

5. Leshan Giant Budha.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: wikimedia.org

Patung Budha ini sudah ada sejak abad ke-8. Leshan Giant termasuk patung terbesar di dunia yang bentuknya dari batu. Yang lebih menakjubkan lagi "Giant Budha" dipahat oleh seorang biksu dari sebuah tebing raksasa pada abad tersebut. Konon ceritanya mulai pada tahun 713, sang biksu sudah memulai untuk memahat batu di dinding gunung ini dan membutuhkan waktu hingga seratus tahun. Sejak tahun 1996, ukiran patung Budha setinggi 71 meter telah terdaftar sebagai salah satu situs budaya warisan dunia oleh UNESCO.

6. Christ The King.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: giganticstatues.com

Patung Yesus yang baru selesai dibangun pada tahun 2010 ini menjadi patung Yesus tertinggi di dunia. Patung yang menggambarkan Yesus adalah raja ini terletak di Polandia Barat. Patung setinggi 33 meter dengan mahkotanya sendiri setinggi 3 meter ini dibangun menggunakan beton dan gelas fiber dengan gaya art deco. Tinggi Yesus 33 meter ini dihubungkan dengan kepercayaan tradisional bahwa saat ia meninggal ketika berusia 33 tahun.

7. Mangal Mahadev.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: wikimedia.org

Selain patung dewa Shiwa yang berada di Marudeshwar, India juga memiliki satu lagi patung dewa Siwa yang terbesar dan termegah. Patung Mangal Mahadev ini terletak di bagian selatan Pulau Mauritius, di pinggiran Sungai Gangga. Patung setinggi 33 meter ini berada dalam satu kompleks dengan kuil dan patung dewa-dewa lainnya.

8. Christ of Peace.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: richestlifestyle.com

Memang belum sepopuler Christ the Redeemer di Brazil, tapi patung Yesus yang berada di Cochabamba, Bolivia ini mengundang perhatian. Dengan gaya dan bentuk yang sama seperti di Brasil, tingginya mencapai 40 meter dengan tangan yang terbuka satu menunjuk ke selatan dan yang satunya mengarah ke utara, patung ini menjadi kebanggaan warga setempat.

9. Laykyun Sekkya.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: youtube.com

Patung Budha tertinggi kedua di dunia setelah Spring Temple ini terletak di kota Monywa, Myanmar. Patung Budha berdiri setinggi 116 meter ini dibangun dalam jangka waktu 11 tahun dan memiliki 31 lantai di dalamnya yang menunjukkan bahwa ada 31 alam di kehidupan nyata.

Tepat di depan patung Budha, berdiri juga sebuah patung Budha berbaring sepanjang 89 meter. Kedua patung ini sudah ada sejak berabad-abad lalu dan menjadi ikon budaya dan religi paling terkenal di Myanmar.

10. Guan Yin.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: drshirley.org

Patung Budha tertinggi di dunia keempat adalah Guan Yin. Guan Yin merupakan patung penggambaran dewa Buddha belas kasih yang berdiri setinggi 108 meter. Terletak di provinsi pulau Hainan, China patung Guan Yin inimemiliki tiga aspek, yaitu : satu mencari pedalaman menuju China dan dua lainnya ke arah laut.

Masing-masing aspek memiliki postur yang berbeda, tetapi mereka semua mewakili berkat dan perlindungan bagi China dan seluruh dunia. Patung ini selesai dibangun pada 2005 setelah enam tahun dikerjakan oleh lebih dari 100 biksu dari beberapa negara, termasuk Taiwan dan Makau.

11. Reclining Buddha.

Ini dia 11 patung simbol keagamaan terbesar di dunia foto: trekearth.com

Reclining Buddha atau Candi Budha Tidur sepanjang 33 meter ini terletak di Penang, Malaysia. Patung Budha yang dilapisi emas ini berada dalam kompleks Candi Budha Thailand pada tahun 1845 di atas sebidang tanah yang diberikan oleh Ratu Victoria untuk merangsang perdagangan dengan Thailand.