Brilio.net - Saat akan bepergian dengan pesawat, tentu perhatian kita tak lepas dari para pramugari yang akan melayani kita selama di pesawat. Tampil dengan seragam khas pramugari di setiap maskapai, mereka bergitu ramah menjamu para penumpang.

Saat melihat tampilan para pramugari, pernahkah kamu perhatikan bahwa semua lipstik yang digunakan para pramugari selalu berwarna merah. Rupanya, para pramugari tak bisa sembarangan menggunakan warna riasan wajah karena sudah ada ketentuannya.

Hal itu diungkapkan oleh seorang mantan pramugari bernama Heather Pople. Dilansir brilio.net dari Daily Star, Jumat, (6/11) wanita yang menjadi awak kabin selama 20 tahun itu menulis sebuah buku berjudul Cruising Attitude. Dalam bukunya, ia menuliskan bahwa setiap awak kabin wanita wajib mengenakan lipstik berwarna merah.

Pople mengatakan penggunaan lipstik berwarna merah itu bukan karena untuk tampil cantik dan memesona di depan para penumpang. Tapi ternyata untuk alasan keselamatan selama penerbangan.

"Ketika dalam keadaan darurat, warna lipstik yang mencolok berguna untuk penumpang. Mereka akan lebih mudah membaca gerak bibir para pramugari saat memberikan instruksi penyelematan diri," jelasnya.

Loading...

Rupanya, penggunaan lipstik berwarna merah merupakan kewajiban di industi penerbangan. Perusahaan maskapai tak akan segan menegur bila para pramugari tak memenuhi kriteria makeup.

Ia pun sempat merasakan salah satu rekan pramugarinya saat bertugas mengenakan lipstik berwarna nude glossy. Sempat ditegur namun pramugari tersebut memberontak. Sejak insiden itu, pramugari tersebut tak pernah terlihat lagi sehingga muncul berbagai spekulasi.

"Kami tidak terkejut dengan kepergiannya yang tiba-tiba. Kami tidak tahu apakah dia telah berhenti atau dia sudah diusir," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR