Brilio.net - Individualisme merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Individualisme merujuk pada pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan pada kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan diri sendiri.

Orang yang menganut individualisme akan mendahulukan kepentingan diri sendiri dibandingkan kepentingan yang lainnya. Sifat individualisme mengingkari kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Bahkan perbedaan status sosial, ekonomi, dan budaya dapat menimbulkan sifat individualisme.

Selain itu, orang yang memiliki sifat individualisme selalu ingin melanjutkan pencapaian dan kehendak pribadi. Bahkan, menentang intervensi dari masyarakat, negara, dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadinya. Oleh sebab itu, sifat individualisme dapat melawan segala pendapat yang menempatkan tujuan suatu kelompok padahal lebih penting dari tujuan pribadinya.

Lebih lanjut, untuk dapat memahami ciri-ciri dan penyebab dari individualisme, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/9).