Brilio.net - Akun Imam Walhidayat mengunggah foto ikan langka yang ditemukannya saat jalan-jalan ke Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Ikan tersebut dinamai warga sekitar ikan Indosiar atau helikopter.

"Bukan mau buat tebak-tebakan nih serius mau nanya. Beberapa hari lalu ketika saya berjalan di pinggiran pantai di kota Larantuka, saya melihat beberapa nelayan yang jual ikan hasil mancing semalam. Yang anehnya ada jenis ikan yang belum pernah aku lihat, setelah aku tanya sama nelayannya ternyata mereka bilang itu ikan Indosiar. Nggak puas dengan jawabannya, maka saya bertanya pada kawan-kawan. Ini ikan sisiknya kayak naga dan ada tanduknya 2, ikan apa yah namanya?" tulis Imam di sebuah grup backpacker yang dikutip brilio.net, Minggu (21/2).

Foto ikan misterius tersebut langsung mendapat tanggapan dari netizen. Mereka ada yang menyatakan ikan tersebut asalnya dari perairan di Kalimantan.

"Armor fish atau ikan helikopter yang cuma ada di Kalimantan. Tuh ikan hidup di kedalaman 150-500 meter ke bawah. Intinya hewan bawah laut, pasti aneh-aneh. Kaya ikan yang ada lampunya di depan (film Finding Nemo)," komentar akun Muhammad Rizal.

"Nggak tahu nama Indonesia atau nama ilmiah (latin)nya Om. Tapi kalau di kampungku biasa disebut ikan wajang. Salah satu jenis ikan laut dalam. Kedalaman di atas 125 meter," tambah akun Joddy Felix.

Loading...

Berdasarkan penelusuran brilio.net dari berapa referensi, ternyata ikan tersebut termasuk jenis Armour Gurnard. Dia merupakan ikan langka yang memiliki warna dan bentuk khas.

Ini penampakan ikan langka dan misterius tersebut:

1. Warna ikan ini merah menyala

Ikan merah bertanduk ini ternyata sangat langka, kamu tahu namanya?

2. Ikan ini memiliki dua tanduk

Ikan merah bertanduk ini ternyata sangat langka, kamu tahu namanya?

3. Ikan ini disebut-sebut jenis Armoured Gurnard

Ikan merah bertanduk ini ternyata sangat langka, kamu tahu namanya?

RECOMMENDED BY EDITOR