Brilio.net - Setelah melalui perjuangan panjang, Heizmy Gursyifa akhirnya berhasil menyabet juara 1 pada Kejuaraan Karate Tradisional tingkat Eropa, yang digelar di Praha, Republik Ceko, pada Minggu (22/9) waktu setempat.

Dilansir dari merdeka.com, ia berhasil menyingkirkan semua lawannya yakni karateka dari Australia maupun tuan rumah Republik Ceko. Setelah tampil ciamik di babak final di Kata Yunior Putri, ia dinyatakan sebagai pemenangnya.

Ketua Umum Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI), H.M. Muchlas Rowie, yang mendampingi Heizmy selama kejuaraan, mengatakan prestasi tersebut sungguh luar biasa dan menggembirakan bagi dunia olahraga Tanah Air.

"Awalnya kami nothing to lose saja, tak memasang target khusus. Namun ternyata, di luar dugaan, karateka kita berhasil meraih prestasi yang membanggakan," kata Muchlas seperti dikutip dari merdeka.com, Senin (23/9).

Dia mengucapkan terimakasih kepada Presiden of Czech Federation, Ing. Rachmy Soebadjo, kedutaan besar Indonesia untuk Republik Ceko, dan para supporter Indonesia di Praha, Republik Ceko. Sebab, keberhasilan Heizmy salah satunya dicapai karena dukungan mereka.

Menurutnya, berkat bantuan mereka, Heizmy bersama para kontingen lain bisa mengatasi kendala teknis selama kejuaraan, salah satunya bahasa. Sebab persiapan keberangkatan kontingen Indonesia yang singkat mengakibatkan agak kesulitan untuk menerima beberapa peraturan pertandingan.

"Kekurangan itu bisa ditutupi Heizmy yang secara skill memang cukup mumpuni," katanya.

Mengulik lebih jauh, sosok Heizmy merupakan seorang siswa kelas 5 SDN 1 Gunung Kidul, Purwakarta. Gadis cilik ini lahir di Bandung, 19 Juni 2008.

Heizmy diketahui sejak umur umur 8 tahun sudah meraih gelar juara tingkat nasional pada Kejurnas di Palembang. Kemudian pada usia 10 tahun, Heizmy berhasil menyabet 2 medali emas untuk nomor Kata dan Kumite.

Di Menpora Cup tahun 2016 dan Kejurda antar pelajar zona III tahun 2018, Heizmy kembali meraih medali emas untuk nomor kata dan kumite. Saat ini, Heizmy tercatat telah memegang sabuk hitam Dan I Children terkecil.