Brilio.net - Kita pasti pernah mendengar atau melihat penemuan hewan aneh baik itu di laut, hutan, atau sungai. Keberadaan hewan dengan bentuk dan ukuran yang antimainstream kerap mencuri perhatian publik. Walau belum dipastikan kebenarannya, masyarakat dibuat heboh dengan penemuan tersebut.

Seperti yang satu ini, seekor ikan sidat berukuran raksasa ditemukan oleh warga. Ikan yang memiliki bentuk seperti belut itu tampak terdampar di pinggir sungai yang kering. Keberadaan ikan sidat raksasa itu pun sukses bikin warganet geger. Videonya bahkan tersebar di seluruh media sosial.

Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru ambil kesimpulan. Karena faktanya ikan sidat raksasa itu merupakan ikan buatan dari seorang seniman yang disapa Rian Jambrong. Rian merupakan seniman asal Sukabumi yang suka membuat kerajinan dari bambu, kayu, dan lain-lain.

Lewat kanal YouTube Jambrong 99, seniman itu memperlihatkan bagaimana proses pembuatan ikan sidat raksasa. Mula-mula ia menyusun batu-batu kali dari mulai berukuran kecil hingga besar. Batu-batu tersebut dibuat menjadi kerangka tubuh ikan.

ikan sidat raksasa © 2021 YouTube

foto: YouTube/Jambrong 99

Tahap berikutnya batu-batu yang telah tersusun diberi tanah lempung untuk menutupi bebatuan. Tanah itu kemudian diratakan dan diukir agar lebih realistis. Rian juga membuat wajah ikan menggunakan tanah liat tersebut. Sisip pada ikan juga dibuat agar menyerupai bentuk aslinya.

ikan sidat raksasa © 2021 YouTube


foto: YouTube/Jambrong 99

Step terakhir yaitu pemberian warna pada badan ikan yang telah kering. Rian menggunakan warna hijau kekuning-kuningan dan memberikan motif pada badan ikan tersebut menggunakan cat hitam. Agar terlihat lebih nyata, karya Ikan Sidat itu diberi cat plitur supaya terlihat mengkilap.

ikan sidat raksasa © 2021 YouTube

foto: YouTube/Jambrong 99

Video berdurasi 6 menit tersebut telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali. Karya ikan sidat raksasa itu banjir apresiasi dari warganet yang menyaksikannya. Komentar pujian pun diberikan kepada seniman asal Sukabumi tersebut.

"MasyaAllah luar biasa banget karyanya," tulis Anisa Nur.

"Masyaallah mirip benar dengan aslinya, karya yg luar biasa," kata Yuyun.

"Mantap keren..sebuah maha karya seniman indonesia yg luar biasa," tulis Toemz Viz.

"Salut, benar" imajinasinya di atas rata", di segala tempat dan dengan material yg ada tetap istimewa hasilnya, ," puji Omrud Channel.