Brilio.net - Bagi kamu warga Jogja pastinya kamu udah nggak asing lagi dengan jalanan di sekitar Kota Jogja. Misalnya sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jalan yang dipadati dengan toko-toko besar dan hotel itu cukup ramai dilalui kendaraan setiap harinya.

Tapi tahukah kamu rupanya di jalan itu terdapat sebuah pohon besar mirip ayam yang terletak persis di depan Hotel Srimanganti? Pohon unik itu kemudian menjadi viral setelah salah satu orang tahu bahwa pohon tersebut memiliki bentuk seperti ayam.

pohon besar mirip ayam © 2020 brilio.net

foto: Istimewa



Menurut salah satu warga bernama Dody Setiawan, pohon viral tersebut sudah tumbuh lama. "Saya di sini sudah tinggal 12 tahun. Pohon itu sudah ada sejak lama, dari saya masih kecil pohon itu sudah cukup besar sekitar dua meter," tutur pria asli Kliteran itu ketika ditemui brilio.net, Rabu (17/6).

Menurutnya, sebelumnya memang banyak warga sana yang tidak menyadari bentuk pohon tersebut. Namun ketika salah seorang pria berasal dari Klaten datang dan memotret dari jauh pohon tersebut, baru mereka sadar pohon itu berbentuk ayam.

"Sebelumnya nggak sadar, cuma waktu itu lihat ada orang yang datang, terus foto dari jauh gitu. Terus saya pikir kenapa, rupanya pas dilihat bentuknya kayak ayam," jelas Dody.

pohon besar mirip ayam © 2020 brilio.net

foto: Istimewa



Dody menambahkan, sesekali petugas dari Dinas PU datang untuk memangkas pohon tersebut ketika sudah lebat. Tujuannya agar tidak membahayakan orang-orang yang parkir di bahu jalan.

"Ya itu dipotongin kalau udah lebat, biar nggak ganggu aja. Cuma nggak ngeh aja kalau bentuknya ayam," lanjutnya sembari terkekeh.

Pohon berbentuk ayam tersebut diketahui sudah ada sejak tahun 1974, bersamaan dengan berdirinya Hotel Srimanganti. Salah satu pegawai hotel bernama Pak Dibyo mengatakan bahwa pohon berjenis Kiara Payung ini memang sudah ada sejak hotel itu berdiri. Meskipun begitu dirinya tidak mengetahui bahwa pohon itu viral karena bentuknya yang seperti ayam.

pohon besar mirip ayam © 2020 brilio.net

foto: Istimewa



Menurut keterangan Dody, pohon mirip ayam ini sudah viral sekitar satu minggu ini. Banyak pengunjung datang untuk memotret pohon tersebut. Dan betul saja foto pohon mirip ayam ini viral dan sudah tersebar di lini masa.