Brilio.net - Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan keberadaan petai. Makanan yang banyak dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran sambal ini memang begitu terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas.

Akan tetapi, pernahkah kamu melihat petai raksasa yang memiliki ukuran raksasa? Ya, seperti yang kita tahu, umumnya makanan yang kerap dijadikan sayur ini memiliki ukuran sepanjang sekitar 25 cm dengan biji petai belasan.

Namun demikian, ukuran tersebut ternyata tak berlaku bagi petai yang satu ini. Dikutip brilio.net dari akun TikTok @lukmanhasaari, Jumat (25/6), lewat media sosialnya ia lantas menunjukkan petai yang ditanamnya di sebuah lahan. Dari video yang ada, tampak jika petai tersebut menjulur panjang dari atas dahan hingga hampir menyentuh tanah.

petai raksasa © TikTok

foto: TikTok/@lukmanhasaari

"Lama tak tengok tanamanku, petai besar," tulis sang pemilik akun @lukmanhasaari dalam video yang diunggahnya.

@lukmanhasaari

lama tak melawat tanaman.. ##petaigergasi

original sound - lewandowski

Dalam video terpisah, pemilik akun @lukmanhasaari, lantas memperlihatkan penampakan biji petai tersebut. Dari segi warna, petai itu tak berbeda dari jauh petai yang pada umumnya kita konsumsi. Akan tetapi, dari ukuran biji, ia memiliki besar sekitar segenggaman telapak tangan orang dewasa.

Saking besar dan tebalnya kulit yang membungkus, Lukman sampai-sampai harus menggunakan pisau untuk mengupasnya. Tak hanya itu, ia juga menggunakan palu yang kemudian dipukulkan pada bagian atas pisau agar petai dapat terkupas.

@lukmanhasaari

Reply to @cikaincomel tukul dengan pisau untuk koyak isi diaa ##petaibesar

Aku Budak Girl - Suekhaizhar

Sementara itu, lewat kolom komentar, video yang telah ditonton lebih dari 320.000 kali ini pun mendapat beragam respons dari warganet. Banyak dari mereka yang mengaku bahwa itu adalah petai terbesar yang pernah dilihatnya.

"Baru liat ada pete segede gitu," tulis akun watinialan.

"Makan pete ini sebiji, baunya seminggu kali ya tu kamar mandi," komentar akun ndisndos.

"Itu pete zaman dinosaurus kalee," tulis akun Jos Sugii.

"Bisa dimakankah..kalau emang ada pete segede itu bisa dimakan kebagian 1 rt itu," komentar akun mojang sunda.