Brilio.net - Belakangan ini, NFT (Non-Fungible Token) memang ramai diminati. NFT adalah teknologi kripto semacam sertifikat digital untuk menyatakan kepemilikan karya, baik berupa foto, video, atau karya lain dalam bentuk virtual.

Aset-aset dalam NFT ini akan tercatat dalam blockchain. NFT tidak bisa direplikasi atau diduplikasi tapi bisa diperjualbelikan.

Di Indonesia sendiri, tren soal NFT ini salah satunya berasal dari kisah Ghozali. Pria asal Semarang ini bikin heboh setelah meraup miliaran rupiah dari menjual NFT Ghozali Everyday yang berupa foto selfienya sejak tahun 2017-2021.

Meski angka yang didapat oleh Ghazali terbilang fantastis, namun ternyata masih ada karya NFT lain yang dihargai lebih dari itu. Bahkan, menjadi karya NFT termahal di dunia.

Tertarik ikut jualan NFT? Intip dulu 10 daftar karya NFT termahal dunia, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (18/1).

1. Termasuk paling langka di pasaran, karya NFT CryptoPunk #5217 ini sudah dijual hingga USD 5,59 juta atau sekitar Rp 80 miliar. CryptoPunk #5217 yang merupakan karya seni berupa gambar kera dengan topi rajut dan rantai emas.

NFT termahal dunia Berbagai sumber

foto: Dexerto

2. Selanjutnya ada NFT Beeple. Seniman digital asal Amerika Serikat ini membuat karya NFT yakni Beeple's OceanFront yang dijual dengan harga USD 6 juta atau Rp 85 miliar. Karya ini menggabungkan gambar container, caravan, dan sebuah pohon yang berdiri di tengah laut.

NFT termahal dunia Berbagai sumber

foto: Dexerto

3. Karya bertajuk XCopy's A Coin for the Ferryman ini berbentuk GIF berupa coretan wajah yang ekspresinya bisa beruba-ubah. Karya NFT ini dijual USD 6,034 juta atau sekitar Rp 86 miliar.

4. Beeple's Crossroad, NFT berbentuk video pendek berdurasi 10 detik yang menampilkan orang-orang berjalan melewati sebuah manusia besar dengan tulisan hinaan di tubuhnya. Karya NFT ini dijual dengan harga mencapai USD 6,6 juta atau setara dengan Rp 94,4 miliar.

5. Kemudian ada karya lain dari CryptoPunk yang bergambar alien bertopi menghisap pipa. Karya ini dibanderol USD 7,6 juta setara dengan Rp 108 miliar.

NFT termahal dunia Berbagai sumber

foto: Dexerto

6. Sementara CryptoPunk #3100 merupakan karya seni NFT yang menggambarkan alien memakai ikat kepala yang dibanderol USD 7,67 juta atau setara Rp 109 miliar.

NFT termahal dunia Berbagai sumber

foto: Dexerto

7. CryptoPunk #7523, ini juga merupakan koleksi CryptoPunk paling mahal dan cukup langka dari lainnya. Karya ini dibanderol USD 11,75 juta atau setara dengan Rp 168 miliar.

NFT termahal dunia Berbagai sumber

foto: Dexerto

8. Beeple's HUMAN ONE, dijual dengan harga USD 28,985 juta atau setara dengan Rp 414 miliar. Pada 9 November 2021, HUMAN ONE bahkan dijual dengan USD 30 juta atau setara dengan Rp 429 miliar. Video ini menunjukkan gambar bergerak 3D yang memperlihatkan seorang astronot tengah berjalan.

9. Everydays: the First 5000 Days, merupakan sebuah karya kolase yang telah dibuat oleh Beeple sejak 2007. NFT ini dijual dengan harga USD 69,3 juta atau setara Rp 992 miliar.

10. The Merge jadi NFT termahal dunia yang terjual pada tahun 2021. NFT karya seniman Murat Pak ini sudah mencapai harga USD 91,1 juta atau setara Rp 1 triliun.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)