Brilio.net - Memilih tanaman merambat terbaik adalah sebuah pilihan subjektif masing-masing orang. Secara umum, pemilihannya perlu berdasarkan pertimbangan. Ingin tanaman yang mudah dirawat di dalam ruang, tahan panas, berdasarkan bentuk serta ukuran tanamannya, atau poin penting lainnya.

Cukup banyak tanaman merambat mudah tumbuh tanpa membutuhkan pemeliharaan lebih. Mereka juga bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi pertumbuhan.

Cantik dan indah diletakkan di setiap sudut ruangan. Baik ditata lantas merambat di setiap dinding, bisa juga digantung.

Rumah semakin sejuk dengan adanya tanaman hias. Karena manfaat lain dari memelihara tanaman adalah memberikan udara bersih, menyaring pulusi.

Loading...

Beberapa tanaman hias daun merambat dikenal pula sebagai penghasil oksigen yang bikin udara lebih segar. Dengan kata lain, tidak sekadar pemanis mata, tapi juga membantu merawat kesehatan pernapasan.

Tertarik untuk mengoleksi dan merawat tanaman hias gantung merambat? Simak sepuluh rekomendasi beserta harganya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/3).

1. Tanaman hias bayam malabar.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@grownbyellah_

Jika kamu ingin tanaman merambat yang kuat dapat menutupi dinding secara merata, maka malabar adalah yang tepat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat seperti bayam pada umumnya.

Meskipun perawatannya tidak sulit, ia akan tetap tumbuh subur terutama saat musim panas. Kamu bisa mendapatkan tanaman hias merambat ini dengan kisaran harga mulai dari Rp 22.000.

2. Arumdalu.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@zens_plants

Tanaman hias arumdalu dapat tumbuh subur di area lembap. Tanaman ini mudah ditemui di kawasan dataran rendah.

Sama seperti namanya, arumdalu bisa mengeluarkan aroma wangi saat malam hari. Oleh karena itu tanaman ini bisa menemani dan bisa membantu menenangkan tidurmu. Arumdalu bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 25.000.

3. English ivy.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@micaeladicorrado

English ivy cocok ditanam di pagar rumah. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini bisa merambat dengan cantik serta sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi.

Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor. Rumah jadi terhindar dari udara kotor mulai dari bagian luar. English ivy dijual dengan kisaran harga Rp 30.000.

4. Sirih gading.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@vsofia_farzam

Tanaman rambat yang memiliki nama latin Epipremnum aureum ini adalah salah satu tumbuhan populer. Tanaman ini cocok dijadikan dekorasi dan hiasan ruangan kosong, karena sifatnya yang merambat sangat cantik.

Banyak orang menyukai sirih gading karena mudah dirawat dan punya umur panjang alias tidak mudah mati. Sirih gading dijual berdasarkan varian dan jenisnya, rentang harga Rp 13.000.

5. Creeping charlie.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@anthophilebyheart

Creeping charlie punya daun seperti mint. Tanaman hias ini disebut tanaman yang mudah sekali tumbuh. Dalam hitungan bulan, daunnya akan merambat dan mulai terlihat lebat.

Gantung creeping charlie di dekat dinding, kamu bisa melihatnya tumbuh dan menghiasi ruang vertikal rumah. Tanaman hias gantung ini dijual mulai dari Rp 13.000.

6. Lee kwan yew.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@intan_sugesti01

Lee kwan yew adalah salah satu tanaman merambat populer dan banyak dicari orang. Mereka bisa tumbuh dengan cantik secara vertikal maupun digantung pada dinding.

Tanaman yang berasal dari Burma ini sangat cocok dijadikan dekorasi rumah. Karena daunnya bisa tumbuh dengan cepat, kamu harus rajin memangkasnya. Lee kwan yew dijual kisaran Rp 40.000.

7. Dollar.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@temanijo_ambalun

Tanaman dollar juga dikenal dengan sebutan Ficus pumila. Jenis tanaman rambat ini sering dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau tembok.

Kesan segar bisa kamu dapatkan pada tanaman ini, karena tanaman dollar memiliki warna hijau yang cerah. Harga tanaman hias tergolong murah, yakni berkisar Rp 22.000.

Sementara itu, tampilan bagian daunnya mengilap, sehingga menghadirkan kesan yang segar. Nggak heran kalau beberapa orang memilih tanaman dollar sebagai hiasan dinding ataupun tembok pagar rumah. Pasalnya tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

8. Heartleaf philodendron.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@botanicalbrunette_

Tanaman hias gantung daun merambat selanjutnya ada heartleaf philodendron. Tanaman ini bisa hidup dalam kondisi cahaya rendah. Jika dirawat dengan baik, daunnya bisa merambat hingga 6 meter.

Kamu bisa menggantungnya di dalam keranjang, lalu letakkan di tiang. Harga heartleaf philodendron berkisar Rp 50.000.

9. Syngonium.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@yeni.aziyalthaf

Syngonium atau arrowhead juga bisa jadi pilihan terbaik untuk dekorasi rumah. Syngonium memiliki daun yang terlihat segar, lebat, dan lumayan besar.

Jika tanaman ini terus dibiarkan tumbuh tanpa dipangkas, dalam beberapa tahun syngonium bisa merambat hingga 1,8 cm. Tanaman hias yang suka dengan cahaya matahari ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 35.000.

10. Scindapsus pictus atau sirih lurik.

harga tanaman hias gantung ©Instagram

foto: Instagram/@theplantlolo

Scindapsus pictus atau sirih lurik kerap dipakai untuk menyulap ruangan jadi lebih indah. Tanaman merambat ini memiliki ciri kurus dan hijau tua dengan bercak perak. Tampilan menjuntai ke bawah ke bawah atau merambat ke setiap samping ruangan, terlihat semakin cantik.

Sebab itu, tanaman hias ini cocok digantung di dinding rumah. Untuk posisi peletakannya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam keadaan cahaya terang, serta butuh disiram setiap minggu. Scindapsus pictus dijual dengan mulai kisaran harga Rp 60.000.

RECOMMENDED BY EDITOR