Brilio.net - Bermain tebak-tebakan memang menjadi salah satu cara yang paling seru dan efektif untuk mengasah otak. Dengan bermain tebak-tebakan, kalian bisa menajamkan otak dan melatih berpikir sistematis sebelum menentukan sesuatu. Lalu bagaimana kalau kamu diuji kejelian di bidang tindak kriminalitas, layaknya Detektif Sherlock Holmes?

Nah kali ini seperti yang brilio.net lansir dari laman Brightside, Sabtu (18/11), berikut ini ada 3 tebakan soal kriminal yang siap untuk kamu pecahkan. Dalam waktu lima menit, konon kasus-kasus ini cuman bisa diselesaikan oleh 12% orang aja lho. Seperti apa? Yuk simak di bawah ini dan buktikan kalau kamu juga salah satu yang bisa menjawab tesnya!

1. Perjalanan Romantis

Suatu hari, Tuan dan Nyonya Smith sedang liburan ke gunung. Dua hari kemudian, Tuan Smith kembali ke rumahnya sendirian tanpa sang istri. Ia kemudian melaporkan bahwa Nyonya Smith jatuh dari gunung dan meninggal di tempat liburan.

Keesokan harinya, detektif mengunjungi Tuan Smith dan menahannya karena telah membunuh sang istri. Smith pun akhirnya mengaku bersalah dan menanyakan kepada detektif, bagaimana ia bisa tahu bahwa ia adalah sang pembunuh.

Detektif mengatakan bahwa ia telah menelpon agen travel Smith dan mendapatkan informasi akuran. Kira-kira informasi apa yang didapatkan oleh detektif?

2. Perang Saudara

Seorang miliarder ditemukan meninggal karena ditembak pada dahinya di rumahnya. Detektif pun akhirnya bertanya kepada ketiga anak dari miliuner tersebut, Jack, John dan James yang saat itu ada di rumah. Berikut ini keterangan mereka.

- Jack mengatakan bahwa malam itu Jack dan John bersama dengan ayahnya baru saja makan malam dengan kolega. Mereka sampai di rumah dan masuk ke ruang keluarga. John dan Jack yang pertama kali masuk rumah, kemudian diikuti oleh sang ayah. Ketika ayah mereka sampai di tangga, James yang baru datang masuk ke ruang keluarga dan menembak ayah mereka.

- John mengkonfirmasi pernyataan Jack.

- James mengatakan bahwa ia baru saja pulang dari temannya, dan ketika memasuki rumah, ia sudah menemukan ayahnya tergeletak meninggal.

Setelah mendengar pernyataan ketiganya, Sherlock pun tahu siapa pembunuhnya. Siapakah dia?

3. Melarikan Diri

Seorang pelaku kriminal baru saja melarikan diri dari penjara. Detektif pun akhirnya mencari kemana buronan tersebut bersembunyi dan sampailah ia di sebuah kompleks perumahan.

Detektif pun yakin bahwa ia berada di antara ketiga rumah di kompleks tersebut dan akhirnya memotret rumah itu dari atas. Ketika melihat foto itu, ia pun langsung mengetahui rumah mana yang kemungkinan besar menjadi tempat persembunyian buron tersebut. Menurut kalian rumah yang mana nih? A, B atau C?

Pengen tahu jawabannya? Klik NEXT.

2 dari 2 halaman

Nah buat kamu yang penasaran dengan jawaban ketiga soal di atas yuk simak di bawah ini!

1. Perjalanan Romantis

Diketahui bahwa Tuan Smith rupanya sudah memesan 2 tiket berangkat dan hanya membeli satu tiket untuk pulang. Ini menunjukkan bahwa ia memang sudah merencanakan pembunuhan sang istri sejak lama.

2. Perang Saudara

John dan Jack berbohong. Jika James yang menembak sang ayah, seharusnya yang ditembak adalah bagian belakang kepala bukan di bagian dahi sang ayah.

3. Melarikan Diri

Kemungkinan besar buronan sedang berada di rumah A karena mobil yang diparkir menghadap ke jalan, sehingga mudah ketika ia akan melarikan diri kembali.

Gimana? Kalian pada bener berapa nih?