Brilio.net - Halal Expo Indonesia (HEI) akan kembali digelar untuk kedua kalinya pada 6-8 Desember 2019 di ICE BSD, Tanggerang. Mengusung tema "Halal is Everything," acara ini berisi pameran produk-produk halal, mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, properti, pendidikan, travel umroh dan haji hingga finansial.

Selain diisi pameran industri halal, acara ini juga menyajikan beragam konten menarik, di antaranya HEISpeak, HEIshare, HEIkids dan HEIact.

HEISpeak adalah sebuah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang halal dalam Islam. Para pembicara dalam acara ini tidak hanya dari para asatidz atau ustaz-ustaz, namun juga dari pelaku bisnis, akademisi dan regulator.

HEI © 2019 brilio.net

HEI
© 2019 brilio.net/rilis

Halal Expo Indonesia juga menyediakan area bermain bagi anak-anak di area HEIkids. Selain itu ada beragam games menarik, salah satunya lomba mewarnai karakter Nussa. Ada pula lomba azan dan murottal untuk tingkat SD hingga universitas.

Melalui program HEIact, HEI mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah kepada pengunjung. Mulai dari sedekah sampah, pemilahan jenis sampah dan pengurangan penggunaan plastik akan coba  diterapkan. Dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dengan program less waste ini untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia.

HEI © 2019 brilio.net

HEI
© 2019 brilio.net/rilis

Dalam program less waste ini pengunjung akan diminta membawa tumblr masing-masing. Selain itu pengunjung juga diminta bersedekah sampah yang nantinya akan dikumpulkan di venue. Pasalnya penyelenggara bekerja sama dengan bank sampah dan TPS terpadu di sekitar venue.

Lalu pengunjung akan dibagikan telo bag (tas yang terbuat dari serat ketela) yang berfungsi untuk menampung barang-barang pengunjung. Tong sampah yang tersebar di venue akan dibagi tiga, sampah organik, sampah plastik, dan sampah lain lain. Kemudian sampah yang dihasilkan selama event akan dipilah dan di-recycle.