Brilio.net - Di tengah pandemi corona saat ini, ada berbagai cara yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menghentikan penyebarannya. Selain menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, selalu mengenakan masker, physical distancing juga perlu dilakukan.

Physical distancing sendiri berupa tindakan jaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya setidaknya satu meter. Hal ini tentu saja sangat penting dilakukan terlebih jika berada di tengah kerumunan orang banyak, salah satunya adalah pasar.

Menariknya terhitung hari ini, Senin (27/4), sebuah pasar di Kota Salatiga telah menerapkannya. Dilansir dari laman Facebook Wakil Walikota Salatiga, Muhammad Haris, diketahui lokasi pasar berada jalan Jendral Sudirman, Salatiga. Pasar tersebut dibuka pada tengah malam hingga pagi hari, yakni sejak pukul 00.00-06.30 WIB.

terapkan physical distancing © 2020 brilio.net

foto: Facebook/Mas Haris

Loading...

"Pemandangan Pasar Pagi Salatiga mulai pagi ini

Sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, mulai pagi dini hari ini Kota Salatiga lebih memperketat dengan menerapkan social dan physical distancing di Pasar Pagi. Jalan Jendral sudirman difungsikan sbg pasar pagi dari jam 00.00-06.30. Jadi selama waktu itu petugas menutup jalan arah ke Solo mulai bundaran tugu jam hingga pertigaan reksa.

Selamat menikmati sahur dan mari kita terus berikhtiar agar penyebaran Covid-19 ini segera berakhir. Hanya kepada Allah SWT, Tuhan YME kita semua bermunajat," ujar Wakil Walikota Salatiga, Muhammad Haris dikutip brilio.net, Senin (27/4).

Dalam foto tersebut, terlihat para pedagang sayur dan buah-buahan mengisi pasar untuk berjualan sejak malam hari. Dalam menerapkan physical distancing, antara pedagang satu dengan lainnya harus memiliki jarak yang cukup jauh. Bahkan para pedagang sudah diberi garis putih khusus.

terapkan physical distancing © 2020 brilio.net

foto: Facebook/Mas Haris

Seperti biasanya, Pasar Salatiga tetap terjadi transaksi penjual dan pembeli. Masyarakat tetap bisa berbelanja kebutuhan pokok untuk sehari-hari. Pembeli dapat membeli sayuran dengan rasa nyaman. Apalagi suasana kian aman tanpa harus berdesak-desakan.

Penampakan suasana pasar di Salatiga yang lakukan physical distancing kemudian viral di media sosial. Hingga saat ini, foto tersebut telah disukai seribu orang dan mendapat beragam pujian.

"Bagus,Salatiga bisa menjadi contoh,bg kota2 yng lain..salut," komentar Kho Hap Hien.

"Alhamdulillah pemandangan yg sangat bagus dan rapi pak ,gk pd untel untelan," tutur Sugi Yarti.

"Salut dengan kebijakan pemerintah kota salatiga dengan tertata rapi y psar pg itu yg perlu di contoh upaya untuk menanggulangi covid 19 saat ini smga corona cpt berlalu," tulis Agung Saptono.

"Makin rapi ra untel2an.. di lihatnya juga bagus.. pedagang rapi pembeli aman," sambung Andrisinar.

 

RECOMMENDED BY EDITOR