Brilio.net - Baru-baru ini sejumlah warga Dusun Ringinsurup, Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo dihebohkan dengan sebuah fenomena alam yang tak biasa. Pasalnya, ada sepetak tanah warga yang dapat mengeluarkan api.

Dilansir dari merdeka.com, fenomena ini sendiri mulai ramai jadi perbincangan setelah video rekamannya tersebar di aplikasi pesan pribadi. Dalam video tersebut memperlihatkan penampakan tanah kering yang muncul api dan tidak bisa dipadamkan.

"Ajaib Ringinsurup (nama dusun) ajaib," kata si perekam video sambil menunjukkan tanah tegalan yang mengeluarkan bara api seperti dikutip dari merdeka.com, Jumat (27/9).

Dari video itu, kemudian banyak warga dari Kota Ponorogo menuju lokasi. Membuktikan apakah benar ada tanah tegalan yang mengeluarkan bara dan api.

"Saya penasaran saja sih. Makanya ke lokasi. Apakah benar ada bara api," kata Dilla Hildina, salah satu warga yang datang ke lokasi.

Loading...

Dia mengaku ingin membuktikan keheranannya. Rupanya ada bara api yang muncul di tanah tegalan dengan panjang 14 meter kali lebar 5 meter itu.

"Rupanya ada api. Ini fenomena alam. Kok bisa ya. Apakah ada gas nya atau ndak ya," katanya.

Sementara warga setempat, Marmi menjelaskan keluarnya api sudah sebulan lalu. Namun, munculnya fenomena itu belum seviral sekarang.

"Sudah sebulan lalu untuk keluarnya api," ujarnya.

Dia mengaku jika warga sudah melakukan upaya penyiraman. Namun ketika satu titik padam, api muncul lagi di titik yang lain. Menurutnya, karena api itu membuat bau yang tidak enak. Apalagi letak rumahnya dengan titik api berjarak 3 meter.

Di sisi lain, terlihat warga berinisiatif memasang tali rafia. Tujuannya agar warga yang penasaran lalu melihat ke lokasi tidak melakukan tindakan ceroboh. Karena jika masuk ke daerah yang mengeluarkan api bisa saja terbakar.

RECOMMENDED BY EDITOR