Brilio.net - Enzim merupakan suatu senyawa pada tubuh yang berfungsi sebagai penghancur atau pemecah zat-zat makanan yang masuk dalam tubuh. Enzim terdiri dari berbagai kandungan protein yang membuat proses mengolah makanan terjadi secara cepat.

Tak hanya itu, pada enzim juga terdapat struktur yang menunjang kinerja enzim pada tubuh. Struktur enzim memiliki bagian-bagian seperti sisi aktif, substrat, dan zal hasil perubahan subtrat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/5) berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang arti, ciri, dan jenis enzim.

Pengertian enzim.

arti enzim  © pixabay.com

foto: pixabay.com

Enzim adalah senyawa kimia berupa protein yang berperan sebagai biokatalisator. Bio adalah makhluk hidup, sedangkan katalis adalah zat yang dapat mempercepat reaksi. Secara sederhana, enzim adalah katalis yang membantu mempercepat reaksi biologis. Fungsi enzim adalah untuk mempercepat reaksi biologis, tanpa ikut bereaksi.

Enzim sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, kamu bisa memperoleh enzim dari buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya. Enzim juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Menurut Kuhne (1878), enzim berasal dari kata in + zyme yang berarti sesuatu di dalam ragi. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa enzim adalah suatu protein berupa molekul-molekul besar.

Sedangkan menurut Christopher P Austin, M.D. (2020), Definisi enzim adalah katalis biologis yang biasanya berupa protein tetapi bisa juga berupa RNA. Tujuan katalis adalah meningkatkan kecepatan terjadinya reaksi. Ada banyak enzim yang dikodekan oleh genom untuk membuat protein atau RNA yang mempercepat berbagai reaksi kimia untuk melakukan ribuan fungsi berbeda di dalam sel.