Brilio.net - Ekuitas adalah suatu bagian dari hak pemilik dalam sebuah perusahaan yakni selisih antara aktiva dengan kewajiban yang ada. Dalam perusahaan perorangan ekuitas disebut dengan modal, sedangkan untuk organisasi non profit ekuitas biasanya disebut sebagai aset bersih. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekuitas adalah kepemilikan dalam bentuk nilai uang.

Secara singkat, ekuitas dapat dimaknai sebagai hak pemilik terhadap aset perusahaan setelah dikurangi liabilitas dalam neraca. Ekuitas juga memiliki arti modal atau kekayaan entitas bisnis yang dihitung dengan jumlah aset dikurangi dengan liabilitas. Untuk definisi yang lebih rinci mengenai ekuitas, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (14/7).

Pengertian ekuitas

definisi dan unsur-unsur ekuitas © berbagai sumber

foto: Unsplash/Anne Nygård

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 21 Tahun 2007, ekuitas adalah bagian dari hak pemilik dalam perusahaan yakni selisih antara aset dan kewajiban yang ada dan menjadi ukuran nilai jual perusahaan tersebut. Ekuitas menurut Financial Accounting Standards Board (FASB) adalah kepentingan residual dalam aktiva sebuah entitas yang tersisa dan dikurangi kewajiban. Sedangkan ekuitas dalam bisnis adalah kepentingan pemilik. Pendapat lain menyebutkan bahwa ekuitas adalah hak residual atas aset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.

Dalam bidang investasi, ekuitas diartikan sebagai investasi yang ditanamkan pada sebuah perusahaan. Jumlah ekuitas dapat berkurang jika pemegang ekuitas mengambil alih aset. Ekuitas juga dapat dikurangi karena beberapa alasan seperti kerugian yang ditanggung oleh perusahaan.