Brilio.net - Industri e-commerce di Indonesia mulai menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Eksistensi e-commerce di Indonesia sudah sangat terasa, sehingga ketat kompetisi untuk menjadi top of mind di mata masyarakat. Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus Inc. Irfan Setiawan, mengatakan bahwa beberapa merek atau brand e-commerce saat ini sudah masuk usia matang.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan bahwa e-commerce Indonesia akan terus tumbuh sekitar 17 persen dalam 10 tahun terakhir dengan total sekitar 26,2 juta usaha. Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 1994. E-commerce pertama di Indonesia adalah Internet Service Provider (ISP) komersial pertama di Indonesia, yaitu Indosat.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia karena makin banyaknya pelaku usaha yang mengembangkan usahanya ke arah digital dalam beberapa tahun belakangan. Tingginya pertumbuhan e-commerce juga dilatarbelakangi oleh penggunaan internet di Indonesia yang naik signifikan.

- Pengertian e-commerce

e-commerce © pixabay.com

foto : pixabay.com

E-commerce adalah perdagangan elektronik, sebuah pemasaran barang atau jasa dengan sistem elektronik melalui internet. Dalam hal ini e-commerce memiliki konten yang melibatkan data/sistem/manajemen yang dijalankan secara otomatis.

Industri ini akan melibatkan transaksi seperti transfer dana, pemasaran online, jual beli, dan lain sebagainya. E-commerce adalah bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.

Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), email, dan bentuk teknologi non-komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.