Brilio.net - Salah satu masalah yang dianggap kerap menyulitkan di dunia pendidikan adalah biaya yang besar. Terutama di jenjang perguruan tinggi, biaya kuliah bahkan membuat sebagai masyarakat kesulitan untuk mengakses belajar di jurusan yang mereka impikan.

Biaya yang melambung itu nampaknya tetap berlaku ditengah situasi pandemi Covid-19. Pasalnya, pembatasan yang diberlakukan terhadap masyarakat membuat proses pembelajaran di kelas menjadi tidak efektif. Tak sedikit dari kampus memberlakukan kuliah secara daring.

Ketidakefektifan ini kemudian disikapi oleh Lallan Kumar, seorang asisten profesor di sebuah perguruan tinggi di India. Dirinya memutuskan untuk mengembalikan gajinya yang notabene adalah uang milik mahasiswa. Dosen yang mengajar bahasa Hindi ini diketahui telah mengembalikan gajinya selama 33 bulan ke pihak kampus.

Sikap menakjubkan ini dilakukan Lallan Kumar lantara dirinya tak tega mengingat mahasiswanya tidak bisa menikmati fasilitas kampus secara lengkap dan harus puas dengan pembelajaran online dari rumah.

"Hati nurani saya tidak mengizinkan saya untuk mengambil gaji tanpa mengajar. Bahkan selama kelas online (selama pandemi), hanya ada segelintir siswa yang hadir untuk kelas bahasa Hindi,” ungkap Lallan Kumar kepada Times Now.

Gaji Dosen Berbagai sumber

foto: Instagram/@NDTV

 

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR