Brilio.net -  Sebagai manusia tentu saja sering dihadapkan dalam berbagai kesulitan atau cobaan hidup, salah satunya adalah masalah rezeki. Sudah seharusnya manusia selalu berusaha supaya bisa memiliki rezeki yang lebih baik. Akan tetapi, usaha ini harus tetap dibarengi dengan berdoa pada Allah SWT supaya usaha yang telah dilakukan dapat lebih dimudahkan dan dapat meraih rezeki secara halal.

Tak jauh dari urusan rezeki, ketika mengalami masalah keuangan pun orang-orang akan mengambil hutang supaya masalahnya dapat teratasi. Namun, tak jarang mereka yang berutang justru memiliki masalah, yakni terjerat hutang dan sulit untuk menghindarinya. Supaya dapat terbebas dari hutang, maka dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis disebutkan, "Barangsiapa yang mengambil harta-harta manusia (berutang) dengan niatan ingin melunasinya, Allah akan melunaskannya. Dan barangsiapa yang berutang dengan niat ingin merugikannya, Allah akan membinasakannya" (HR Bukhari: 2387).

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/4), inilah doa yang bisa dipanjatkan pada Allah SWT supaya dilancarkan rezeki dan dibebaskan dari hutang.

1. Doa supaya memperoleh ilmu, rezeki, dan amal yang diterima Allah SWT. Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW setelah selesai sholat subuh.

"Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'a, wa rizqon thoyyibaa, wa 'amalan mutaqobbalaa."

Loading...

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

2. Doa untuk meminta rezeki yang halal dari Allah SWT.

"Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak."

Artinya:

"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

3. Doa supaya Allah memberikan rezeki pada hambanya.

"Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii."

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

4. Doa supaya diberi tambahan rezeki dan ampunan dosa.

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a'thoitanii wa athil hayaatii 'ala tho'atik wa ahsin 'amalii wagh-fir lii."

Artinya:

"Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

5. Dalam surat Al-Maidah ayat 114 dijelaskan bahwa pemberian rezeki pada hamba-Nya merupakan wujud kekuasaan Allah SWT.

doa kelancaran rezeki dan hutang © 2021 brilio.net

"Qoola 'Eesab nu Maryamal laahumma Rabbanaaa anzil 'alainaa maaa'idatam minas samaaa'i takuunu lanaa 'iidal li awwalinaa wa aakirinaa wa Aayatam minka warzuqnaa wa Anta khairur raaziqiin"

Artinya:

"Isa putra Maryam berdoa, "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki"."

6. Doa ini disebutkan oleh Rasulullah ketika seorang lelaki bertanya padanya tentang cara memohon sesuatu pada Allah SWT.

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim).

7. Doa ini berfungsi untuk meminta kekayaan dan segala kemudahan dalam menjalankan urusan.

"Allahumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa 'azizzu ya mu'izzu a'izzani bi-i'zaazin 'izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiino yaa khoira man yurjaa ya Allaah."

Artinya:

"Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah."

8. Doa supaya rezeki yang diberikan Allah dapat selalu bertambah.

"Allaahumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a'athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu'tsir 'alainaa wa ardhinaa wardhoo 'annaa."

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami."

9. Doa yang disarankan Rasulullah SAW supaya terbebas dari lilitan hutang.

"Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri."

Artinya:

"Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

10. Doa supaya diberi kemurahan hati dari Allah SWT dan bisa terbebas dari hutang.

"Allahummakfini fi halâlika ‘an haramik, wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwak."

Artinya:

"Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu."

11. Doa supaya diberi perlindungan dari perasaan takut, gelisah, dan sedih karena hutang dan segala tekanan yang menyertainya.

"Allâhumma innî a‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal."

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang-orang."

RECOMMENDED BY EDITOR