Brilio.net - Doa menjadi penghubung antara manusia dengan Tuhan. Doa juga menjadi komunikasi sakral yang dilakukan manusia untuk mengharapkan segala impiannya dapat dikabulkan oleh Sang Pencipta.

Berdoa juga masuk dalam salah satu bagian beribadah, maka banyak orang yang akan meluangkan waktunya untuk berkonsentrasi saat berdoa.

Baik ketika dalam kondisi baik atau buruk, memang sudah seharusnya kamu tidak lupa untuk selalu berdoa. Begitu pula, ketika kamu mengalami kesulitan dalam mencari rezeki.

Mungkin ada saatnya kamu merasa sudah berusaha semaksimal mungkin, namun belum ada kemudahan yang hadir setelah usaha itu. Cobalah untuk tetap tenang dalam mengatasi situasi seperti itu.

Sebagai umat Islam, tentu kamu harus memahami bahwa Allah SWT menjanjikan tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan seseorang. Maka yang perlu kamu lakukan adalah terus berdoa dan berusaha.

Dalam masa-masa sulit seperti itu, kamu tetap harus berusaha dan berdoa agar diberikan kelancaran. Jangan langsung menyerah dengan keadaan. Bisa jadi dalam prosesmu akan menemukan jawaban untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Kamu juga perlu terus mendekatkan diri kepada Allah SWT agar selalu mendapat kemudahan dalam pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu bisa juga menambahkan doa agar dimudahkan dalam rezeki dan juga pekerjaan.

Yuk amalkan doa berikut dalam kegiatanmu sehari-hari agar pekerjaan menjadi lebih berkah. Simak ulasan brilio.net pada Jumat (8/5) dari berbagai sumber.

Hadits mengenai rezeki.

Doa kemudahan rezeki dan pekerjaan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Datangnya sebuah rezeki sudah seharusnya tidak perlu menjadi hal yang perlu dipusingkan. Umat muslim tentu sudah memahami bahwa rezeki, jodoh, maut, sudah digariskan oleh sang Maha Kuasa.

Bahkan penjelasan mengenai rezeki juga dijelaskan dalam beberapa hadits seperti ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;

"Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (HR. Muslim no. 2653, dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash).

Selain itu, dalam hadits lain juga disebutkan bahwa;

"Sesungguhnya awal yang Allah ciptakan (setelah 'arsy, air dan angin) adalah qalam (pena), kemudian Allah berfirman, "Tulislah". Pena berkata, "Apa yang harus aku tulis". Allah berfirman, "Tulislah takdir berbagai kejadian dan yang terjadi selamanya." (HR. Tirmidzi no. 2155. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Maka sudah seharusnya manusia memfokuskan diri dalam berusaha dan terus berdoa dalam mencari rezeki. Allah SWT juga telah mengatur seberapa besar rezeki akan kamu terima.

Allah juga memberikan rezeki kepada masing-masing orang dengan adil. Sebagaimana Allah berfirman;

"Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat." (QS. Asy Syuraa: 27)

Doa dimudahkan dalam rezeki.

Doa kemudahan rezeki dan pekerjaan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setiap masalah atau kendala yang kamu temui juga akan memiliki solusinya. Maka sudah seharusnya kamu tidak perlu panik. Berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mencari jalan keluar.

Jangan lupa juga dukung usahamu itu dengan berdoa kepada Allah SWT. Sampaikan doamu dengan bersungguh-sungguh.

Kamu bisa juga melafalkan doa agar dimudahkan dalam mendapatkan rezeki dengan membaca beberapa doa berikut ini.

Doa Pertama.

Setiap Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam selesai melakukan sholat subuh, dia membaca doa berikut ini;

"Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'a, wa rizqon thoyyibaa, wa 'amalan mutaqobbalaa."

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)."
(HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa Kedua.

Doa dari hadits 'Ali, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa berikut;

"Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak."

Artinya:
"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu."
(HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Doa ketiga.

"Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii."

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

Doa keempat.

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a'thoitanii wa athil hayaatii 'ala tho'atik wa ahsin 'amalii wagh-fir lii."

Artinya:
"Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

Doa agar pekerjaan lebih berkah.

Doa kemudahan rezeki dan pekerjaan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pekerjaan harus dilakukan secara tulus dan sungguh-sungguh agar membawa keberkahan. Jangan lupa untuk berdoa sebelum kamu memulai sebuah pekerjaan.

Berikut lafal doa yang bisa dibaca sebelum berangkat kerja. Lafal ini tercantum dalam kitab Ad Du'a karya Imam At Thabrani.

"Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa."

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."