Brilio.net - Membaca sholawat menjadi salah satu amalan yang sering dilakukan oleh umat Islam. Sholawat merupakan bentuk penghormatan serta bentuk cinta seorang muslim kepada Rasulullah.

Dengan membaca sholawat dimaksudkan untuk mendoakan atau memohon berkah kepada Allah, dan senantiasa sebagai bentuk pengharapan semoga Nabi sejahtera, beruntung, dan tak kurang suatu apapun, serta keadaannya tetap baik dan sehat.

Membaca sholawat juga menjadi sebuah pengingat bagi umat Islam untuk selalu mengikuti ajaran Islam dan mencontoh adab Nabi Muhammad dalam segala hal baik perkataan maupun perbuatan.

Bahkan, di dalam Alquran terdapat perintah bagi setiap muslim untuk selalu membaca sholawat. Seperti firman Allah dalam Alquran surat (Al-Ahzab 33:56), yang artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Selain itu, dalam suatu hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: "Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku dimanapun kalian berada." (HR Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan).

Salah satu sholawat yang sering dipanjatkan oleh umat muslim, yaitu sholawat nariyah. Sholawat nariyah disusun oleh ulama yang bernama Syekh Nariyah, dia menciptakan sholawat ini sebagai salah satu bentuk pujian kepada Allah.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/4), doa sholawat nariyah lengkap beserta terjemahan dan keutamaannya.