Brilio.net - Hajat adalah sebutan lain untuk keinginan atau kebutuhan. Ketika ingin memenuhi hajat, kamu tentu harus berusaha dan berdoa.

Dalam Islam, kita juga mengenal sholat hajat dan doanya. Melalui amalan sunah ini, kita bisa memohon kepada Allah sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

"Barang siapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu Adam, maka wudhulah dengan sebaik-baiknya wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan sholawat kepada Nabi. Setelah itu, mengucapkan "Laa illaha illallohul haliimul kariim, subhaana.." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda:
"Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia minta cepat atau lambat." (HR Ahmad)

Selain itu, doa dan sholat hajat juga memiliki keutamaan lain seperti ditinggikan derajatnya oleh Allah dan diampuni dosa-dosanya.

Nah, jika kamu juga sedang memiliki hajat yang ingin segera terwujud, berikut doa sholat hajat beserta niat dan tata caranya, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/4).

Tata cara sholat hajat.

Doa sholat hajat freepik

foto: freepik.com

Sholat hajat memiliki jumlah rakaatnya sebanyak 2 rakaat, namun bisa juga dikerjakan sampai 12 rakaat dengan salam di tiap 2 rakaat.

Untuk waktunya, sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat. Namun disebutkan dari beberapa sumber fiqih bahwa waktu terbaik sholat hajat adalah pada malam hari seperti sholat tahajud, terutama di setengah atau sepertiga malam.

Urutan sholat hajat

- Membaca niat sholat hajat
"Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta'ala."
Artinya:
"Aku berniat shalat hajat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala"
- Melakukan takbirotul ihram.
- Membaca surat Al Fatihah.
- Membaca surat pendek atau ayat Alquran, disarankan untuk membaca ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas.
- Rukuk dengan tuma'ninah.
- Iktidal dengan tuma'ninah.
- Sujud dengan tuma'ninah.
- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
- Sujud kedua dengan tuma'ninah.
- Berdiri untuk melakukan rakaat kedua.
- Membaca surat Al-Fatihah.
- Membaca surat atau ayat Alquran.
- Rukuk dengan tuma'ninah.
- Iktidal dengan tuma'ninah.
- Sujud dengan tuma'ninah.
- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
- Sujud kedua dengan tuma'ninah.
- Duduk tahiyat akhir dengan tuma'ninah.
- Mengucap salam dengan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri.

Doa sholat hajat.

Doa sholat hajat freepik

foto: freepik.com

Setelah melaksanakan sholat, kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Untuk bertadzallul kepada Allah, kita dianjurkan untuk bersujud, kemudian membaca bacaan doa sebagai berikut:

"Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim." (dibaca 10x)

Artinya:
"Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar."

Kemudian bersholawat:
"Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'alaa ali sayyidina Muhammad." (dibaca 10x)

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya."

Membaca doa untuk keselamatan dunia dan akhirat.
"Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar."

Artinya:
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Membaca doa sholat hajat yang dicantumkan oleh Imam Nawawi dalam Al Adzkar.

"Allahumma innii as-aluka wa atawajjahu ilaiku binabiyyika Muhammadin nabiyyir rohmati yaa Muhammad innii tawajjahta bika ilaa Robbii fii haajatii haadzihi fatuqdlo lii Alloohumma syafi’hu fiy."

Artinya:
"Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu dengan kebutuhanku ini agar dipenuhi-Nya. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Selain membaca doa tersebut, kita juga bisa membaca doa sholat hajat berikut ini:

"Laa ilaaha illalloohul haliimul kariim. Subhaanallohi robbil 'arsyil 'azhiim. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin. As aluka muujibaari rohmatika wa 'aazaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamata min kulli itsmin laa tada' lii dzamban illa ghofartah walaa hamman illaa farojtah walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitah yaa arhamar roohimiin."

Artinya:
"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

Setelah itu, kita boleh mengutarakan dan berdoa dengan kalimat sendiri. Utarakan keinginan dan hajat dengan kesungguhan hati. Niatkan semata-mata untuk memohon dan menyerahkan pada Allah SWT Tuhan Yang Maha Besar. Jangan lupa untuk tetap istiqomah dalam berdoa dan berikhtiar.