Brilio.net - Alquran merupakan pedoman hidup manusia. Seseorang yang membaca Alquran dinilai sebagai ibadah, karena di dalam Alquran memberikan petunjuk jalan yang lurus serta memberikan bimbingan kepada umat manusia.

Bahkan Nabi Muhammad bersabda, "Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

Salah satu surat yang dikenal memiliki banyak manfaat dan keutamaan adalah surat Al-Mulk, surat ini merupakan golongan surat Makkiyah. Nah, untuk memaksimalkan, terdapat doa yang perlu diamalkan setelah membaca surat Al-Mulk, doa ini memiliki keutamaan untuk memohon keteguhan iman supaya hati tidak mudah goyah.

Lebih lanjut, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, doa setelah membaca surat Al-Mulk beserta arti dan keutamaannya pada Rabu (27/4).

Doa setelah membaca surat Al-Mulk.

Doa setelah membaca surat Al-Mulk © 2022 berbagai sumber

foto: dream.co.id

"Allahumma'shimnaa bil Islaami Qoo-'idan wa Rooqidan walaa Tusymit Fiinaa 'Aduwwan walaa Haasidan. Allahumma Innaa Na'uudzu bika Min Syarri Kulli Daabbatin Anta Aakhidzun Binaashiyatihaa wa Nas-Alukal Khoirol Ladzi Biyadika."

Artinya:

"Ya Allah, jagalah diriku dengan tetap memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati musuh dan orang yang hasud kepada kami."

Keutamaan membaca surat Al-Mulk.

Doa setelah membaca surat Al-Mulk © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Berikut ini beberapa keutamaan bagi seorang muslim jika membaca surat Al-Mulk, diantaranya sebagai berikut.

1. Diampuni dosanya oleh Allah.

Dari Abu Huroiroh, Rasulullah bersabda:

"Ada surat dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi 'temannya' (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud dg redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya.

Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa dengan membaca surat Al-Mulk, seorang muslim akan mendapatkan syafa'at serta akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah apabila membaca Al-Mulk setiap hari.