Brilio.net - Adzan merupakan panggilan ibadah bagi umat Islam untuk menunaikan sholat fardhu. Adzan dikumandangkan muadzin dari masjid setiap saat memasuki liwa waktu sholat.

Bagi umat muslim apabila mendengar suara adzan hendaknya menjawab adzan tersebut sebagaimana yang diucapkan muadzin. Namun, apabila muazin mengucapkan "Hayya alash-sholah" atau "Hayya alal-falah", disunnahkan menjawabnya dengan lafal "La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim" yang artinya "Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah".

Bukan hanya lafadz saja yang perlu di jawab, namun saat adzan dikumandangkan kamu juga harus menghentikan segala aktivitas, selanjutnya melangkah dan memenuhi panggilannya. Jika adzan sudah dikumandangkan, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan. Bagi mereka yang membaca doa setelah adzan akan mendapat syafaat dari Rasulullah.

untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa setelah adzan lengkap dengan terjemahan dan amalannya, Kamis (14/4).