Brilio.net - Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, baik dosa yang diperbuat secara sengaja ataupun tanpa disengaja. Dosa merupakan suatu pelanggaran manusia atas perintah dan peraturan dari Allah.

Dosa dapat menyebabkan seseorang dimasukkan ke dalam neraka. Bahkan dosa kecil juga bisa menjadi penghalang terkabulnya suatu doa serta dapat menghalangi seorang umat untuk masuk surga.

Ketika seseorang penuh dengan dosa, biasanya hati juga akan tidak tenang. Bayang-bayang akan siksa api neraka, cukup membuat manusia takut dan jera. Untuk itu ketika seseorang melakukan dosa, hendaknya segera memohon ampun atau bertaubat pada Allah. Dan tentu saja berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Setiap umat muslim yang melakukan perbuatan dosa, wajib memohon ampunan kepada Allah atas dosa-doa yang dilakukannya dalam keadaan sengaja ataupun tidak disengaja. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/6), untuk memohon ampunan kepada Allah, seseorang dianjurkan membaca bacaan istighfar setiap hari. Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Thabrani, bahwa Rasulullah bersabda, "Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali".

Selain membaca istighfar setiap hari, seseorang yang melakukan perbuatan dosa dapat melakukan sholat taubat nasuha untuk memohon ampunan. Allah berfirman dalam Alquran surat Nuh Ayat 10 menyuruh umat muslim agar senantiasa memohon ampunan kepadaNya.

Loading...

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaan © 2020 brilio.net

Fa qultustagfiru rabbakum innahu kaana gaffaaraa

Artinya:

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun."

Doa Sayyidul Istighfar

Doa sayyidul istighfar adalah doa memohon ampunan kepada Allah. Sayyidul istighfar berasal dari dua kata, yaitu Sayyid yang berarti baik dan Istigfar (memohon ampunan). Jadi, sayyidul istighfar dapat diartikan sebagai kalimat-kalimat istighfar yang terbaik. Doa sayyidul istigfar merupakan doa istigfar yang paling utama karena merupakan doa terbaik untuk memohon ampunan.

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaan © 2020 brilio.net

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika maastatha’tu a’uudzubika min syaramaa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faaghfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada tuhan selain Engkau yang menciptakan aku. Dan aku adalah hamba-Mu, dan aku akan setia pada janjiku kepada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku. Maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

Rasulullah memberi nama "Sayyidul Istighfar" karena doa ini melebihi dari seluruh bentuk doa istighfar dalam hal keutamaan.

Doa sayyidul istighfar selalu menyertai doa setelah sholat wajib, karena seorang muslim dianjurkan untuk melafalkan bacaan doa ini setelah mengerjakan sholat. Doa ini juga mencakup banyak makna taubat kepada Allah dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Macam-Macam Bacaan Istighfar

Selain membaca doa sayyidul istighfar, umat muslim dapat membaca bacaan istighfar untuk diamalkan tiap hari. Bacaan istighfar tersebut adalah sebagai berikut:

1. 

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaan © 2020 brilio.net

Astaghfirullah al adzim

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung."

2. 

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaan © 2020 brilio.net

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya."

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

1. Memperoleh kemuliaan dari Allah

Bagi umat muslim yang membaca doa sayyidul istighfar maka ia akan mendapatkan kemuliaan dari Allah

2. Temasuk penduduk surga

Keutamaan doa sayyidul istighfar bagi umat islam yang membacanya setiap hari maka ia termasuk penduduk surga. Hal ini terdapat dalam suatu hadits yang berbunyi:

"Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga."

"Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk surga." (HR. Al-Bukhari).

3. Memperoleh janji Allah

Bagi seseorang yang membaca doa sayyidul istighfar ini dan menjaganya dalam kehidupan sehari-hari, maka akan memperoleh janji Allah.

Janji Allah dengan memberikan pahala dan ganjaran besar, karena ia mengawali dengan membuka harinya dan mengakhiri dengan menutup penetapan Tauhidullah baik Rububiyyah-Nya dan Ululhiyyah-Nya.

4. Mendapatkan ampunan dari Allah

Dengan membaca istighfar serta doa sayyidul istighfar sebagai wujud bahwa seseorang menyadari kesalahannya dan senantiasa memohon ampunan kepada Allah setiap waktu maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya karena Allah Maha Pengampun kepada hambanya yang sungguh-sungguh bertobat. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Az Zumar ayat 53 yang berbunyi sebagai berikut:

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaan © 2020 brilio.net

Qul yaa 'ibaadiyallaziina asrafu 'alaa anfusihim laa taqnatu mir rahmatillaah, innallaaha yagfiruz-zunuba jamii'aa, innahu huwal-gafurur-rahiim

Artinya:

"Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

RECOMMENDED BY EDITOR