Brilio.net - Puasa menjadi salah satu rukun Islam yang harus dilakukan setiap muslim. Secara hukum, puasa terbagi menjadi dua yaitu wajib dan sunnah.

Selain ibadah puasa wajib seperti yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan, ada juga puasa sunnah yang dilakukan akan mendapatkan pahala dari Allah dan jika tidak dilaksanakan pun tidak berdosa.

Puasa sunnah adalah puasa yang yang dilakukan selain di bulan Ramadhan, seperti halnya puasa Senin Kamis. Sesuai namanya, puasa ini dilakukan setiap hari Senin dan Kamis.

Bahkan, semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu menjalankan puasa Senin Kamis. Hal ini dikatakan oleh Aisyah radhiyallahu yang tertuang dalam sebuah hadits, "Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)."

Seperti pada saat menjalankan puasa wajib Ramadhan, puasa Senin Kamis juga mengajarkan untuk membaca doa sebelum menjalankan puasa Senin Kamis.

Nah, untuk lebih jelasnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/3), berikut doa niat puasa Senin Kamis, keutamaan, dan manfaatnya.

Doa niat puasa Senin Kamis.

foto: freepik.com

Setiap ibadah yang akan dilaksanakan tentunya harus dilandasi dengan niat dan doa, sebelum menjalankan ibadah puasa sunah Senin Kamis, berikut ini doa puasa Senin Kamis.

Niat puasa Senin.

"Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat puasa pada hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala."

Niat puasa Kamis.

"Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat puasa pada hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala."

2 dari 4 halaman

Doa buka puasa Senin Kamis.

Setelah menjalankan puasa dari terbitnya fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib), segeralah berbuka puasa. Saat buka puasa alangkah baiknya membaca doa puasa. Doa berbuka puasa Senin Kamis, seperti berikut ini.

"Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin."

Artinya:

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

"Dzahaba-zh Zama'u, Wabtalati-l 'Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah."

Artinya:

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."

3 dari 4 halaman

Keutamaan puasa Senin Kamis.

foto: freepik.com

Puasa sunnah Senin Kamis, memiliki keutamaan yang sangat penting diketahui bagi setiap umat manusia. Dengan mengetahui keutamaan puasa Senin Kamis, diharapkan menjadi motivasi untuk terus menjalaninya. Berikut ini keutamaan puasa Senin Kamis.

a. Dibukanya pintu surga.

Ada suatu hadits yang menyatakan, bahwa pintu surga akan dibuka pada hari Senin dan Kamis sehingga orang yang berpuasa pada hari tersebut akan mendapat keberuntungan.

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim)

b. Hari Senin dan Kamis menjadi hari penting Rasulullah.

Berikut ini adalah hadits tentang keistimewaan puasa Senin dan Kamis bagi Rasulullah:

“Dari Abu Qatadah r.a, yang mana sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka Rasul menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Sedangkan keistimewaan yang dimiliki oleh hari Kamis yaitu melalui Ka'ab bin Malik Radhiyallahu anhu yang mengatakan bahwa:

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari).

c. Dikumpulkannya amalan manusia.

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Manfaat puasa Senin Kamis.

foto: freepik.com

a. Menjaga kesehatan jantung.

Bagi sebagian orang mungkin nggak tahu, bahwa puasa Senin Kamis memberikan manfaat untuk menurunkan risiko aterosklerosis yaitu penyumbatan arteri yang disebabkan partikel lemak. Ketika puasa lemak bakal dipakai sebagai cadangan energi.

Merujuk dari berbagai penelitian, jika puasa masuk ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Puasa Senin Kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida.

b. Mengeluarkan racun dalam tubuh.

Manfaat selanjutnya dari puasa Senin Kamis yaitu dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun bercampur dengan lemak, darah, atau bagian lain berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain dengan olahraga, seseorang yang menjalankan puasa juga menjadi pencegah, karena ketika seseorang berhenti mengonsumsi makanan atau minuman minimal sehari, racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

c. Melembutkan hati dan menurunkan hawa nafsu.

Salah satu manfaat melakukan puasa Senin Kamis adalah untuk menghindari diri dari godaan setan dan hawa nafsu. Karena pada dasarnya puasa dapat menahan diri seseorang dalam segala hal yang dapat membatalkan puasa. Maka dari itu, seseorang akan lebih sabar dan dapat mengontrol diri.