Brilio.net - Memiliki keturunan adalah dambaan bagi setiap pasangan. Biduk rumah tangga akan terasa lebih lengkap dengan hadirnya anak.

Buah hati merupakan amanah besar Allah SWT. Sudah sepantasnya bagi suami istri mencintai anaknya dengan tulus. Merawat, menjaga, mengasihi, dan membimbingnya sejak kecil hingga besar.

Sayangnya tak sedikit pasangan belum juga dikaruniai anak. Menyikapi akan hal itu, sebagai manusia yang berpegah teguh pada Islam, Allah SWT menganjurkan umat-Nya untuk terus berusaha.

Selain dengan usaha, mintalah atau berdoa pada Allah SWT. Jangan pernah putus asa, berdoa terus dengan setulus hati.

Dalam ajaran Islam terdapat kisah Nabi Zakaria AS yang belum juga dapat keturunan saat usianya sudah tua. Namun dia tak putus semangat untuk berusaha dan berdoa.

Loading...

Akhirnya doa Nabi Zakaria didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Zakaria AS begitu senang mendapatkan keturunan, meskipun ketika itu usianya sudah senja.

Dalamnya pelajaran mengenai keturunan ini, membuat kisah Nabi Zakaria AS diabadikan ke dalam Alquran. Hanya dari ridho Allah SWT, semua akan terwujud.

Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Manusia hanya perlu berusaha dan berdoa secara sungguh-sungguh.

Ada beberapa doa untuk meminta keturunan yang bisa dilantunkan pasangan suami istri. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/5).

1. Alquran surat Asy-Syura ayat 49.

Doa meminta keturunan freepik

foto: kemenag.go.id

"Lillahi mulkus-samwti wal-ar, yakhluqu m yasy`, yahabu limay yasy`u inaw wa yahabu limay yasy`u-ukr"

Artinya:

"Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki." (QS. Asy-Syura:49)

2. Alquran surat Ali Imran ayat 38.

Doa meminta keturunan freepik

foto: kemenag.go.id

"Hunlika da' zakariyy rabbah, qla rabbi hab l mil ladungka urriyyatan ayyibah, innaka sam'ud-du'"

Artinya:

"Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran:38)

3. Alquran surat As-Saffat ayat 100.

Doa meminta keturunan freepik

foto: kemenag.go.id

"Rabbii hablii minash shaalihiin"

Artinya:

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh." (QS. As-Saffat:100)

4. Alquran surat Ibrahim ayat 40.

Doa meminta keturunan freepik

foto: kemenag.go.id

"Rabbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa"

Artinya:

"Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang- orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku."(QS. Ibrahim:40)

5. Alquran surat Al-Furqan ayat 74

Doa meminta keturunan freepik

foto: kemenag.go.id

"Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriiyaatinaa qurrota a’yun, waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa"

Artinya:

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang beRtakwa." (QS. Al-Furqan:74)

6. Alquran surat Al Hijr ayat 97-99.

Surat ini dibaca agar kamu dapat terhindar dari keguguran. Supaya diberi kesehatan sekaligus janin yang kuat.

Doa meminta keturunan freepik

foto: dream.co.id

"Walaqad na'lamu annaka yadhiqu shadruka bima yaquluna. Fasabbih bihamdi rabbika wakum minas sajidina. Wa'bud rabbaka hatta yaktiyakal yaqin"

Artinya:

"Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanm dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (sholat). Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal)." (QS. Al-Hijr:97-99)

7. Istighfar 71 kali.

Bacalah istighfar sebanyak-banyaknya, setidaknya 71 kali. Lakukan setelah sholat.

Keutamaan istighfar sangatlah besar. Hal ini pun sudah ada pada hadits Nabi Muhammad SAW.

Yang artinya: "Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga." (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

8. Membaca Asmaul Husna.

Asmaul Husna adalah bukti kebesaran Allah SWT. Tidak ada dzat yang lebih besar selain Dia.

Agar doa diijabah oleh Allah SWT, hendaklah melantunkan pujian melalui Asmaul Husna ini. Anjuran membaca Asmaul Husna sudah tertuang pada firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-Isra ayat 110, yang artinya: "Katakanlah, berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu berdoa, Dia mempunyai Asmaul husna." (QS. Al-Isra:110)

Juga ada pada Alquran surat Al-A'raf ayat 180, yang artinya: "Allah memiliki Asmaul husna, hendaknya kamu berdoa dengannya." (Al-A'raf: 180)

9. Membaca sholawat nabi.

Junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kebaikan untuk manusia. Bentuk pujian dan penghormatan pada baginda Rasulullah, bisa melalui solawat nabi. Melalui solawat pula, doa akan dipermudah untuk dikabulkan.

Terdapat hadits yang mejelaskan hal ini, yang artinya: "Apabila salah seorang dari kalian berdoa maka hendaklah memulai dengan memuji Allah dan memuja-Nya, lalu hendaknya membaca salawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian setelah itu dia boleh berdoa tentang apa pun yang diinginkannya." (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab RA berkata: "Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad SAW." (HR. Tirmidzi)

RECOMMENDED BY EDITOR