Brilio.net - Setiap orang punya karakter dan kepribadian masing-masing. Karakter tersebut berbeda satu sama lainnya.

Ada yang punya sifat lembut dan mudah tersentuh, ada juga yang keras hati dan susah didekati.

Menghadapi orang keras hati, kadang sulit dan serba bingung. Kamu mungkin akan kesulitan menyampaikan pendapatmu. Jika dia salah, kamu juga akan sungkan untuk menegur. Berhadapan dengan orang seperti itu bisa bikin kamu stres sendiri.

Suatu hari seorang laki-laki datang mengadu kepada Rasulullah shallallâhu alaihi wasallam tentang keras hatinya (qaswatul qalb). Nabi menjawab yang artinya: "Jika kamu ingin melunakkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim." (HR al-Hakim dalam al-Mustadrak)

Bergaulah kamu dengan orang yang ada di bawah kamu (derajat ekonomi). Supaya kamu dapat terhindar dari sifat keras hati. Agar kamu senantiasa memiliki hati yang lembut dan bersyukur.

Loading...

Seperti hadits Rasulullah yang artinya:

"Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan hanya karena Allah, baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu mengalirkan banyak kebaikan, dan barangsiapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, aku bersama dia di surga seperti ini (Nabi menyejajarkan dua jarinya)."

Hadits itu adalah pembelajaran dari Allah SWT. Dia akan memberikan kebaikan kepada orang-orang yang mau mengusap kepala anak yatim.

Jumlah rambut di hadits ini merupakan ilustrasi dari kebaikan yang tak terhitung. Digambarkan seperti jumlah rambut kepala orang. Dengan begitu, sebanyak apa pun kebaikanmu kepada anak yatim, sebesar itu pula Allah SWT akan memberikan balasan.

Nah, untuk kamu yang ingin menghadapi orang berhati keras, ada doa yang bisa kamu panjatkan. Doa ini dipercaya dapat meluluhkan hatinya.

1. Doa meluluhkan kerasnya hati.

Doa meluluhkan hati seseorang freepik

foto: Dream.co.id

"Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin"

Artinya:

"Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

2. Doa pelembut hati suami.

Biduk rumah tangga kadang ada masalah. Salah satunya adalah kerap dimarahi suami. Untuk kaum hawa yang ingin suami berhenti marah dan lebih sayang padamu lagi, mintalah bantuan kepada Allah SWT.

Dalam Islam diajarkan doa dan dzikir melembutkan hati suami. Bacalah dzikir sekaligus doa ini sebanyak mungkin.

Kemudian hembuskan pada suami saat ia sedang tidur. Hembuskan udara dari mulut ke telapak tangan. Lalu letakkan ke atas dada suami. Sembari memohin kepada Allah SWT supaya hati suami dapat kembali lembut.

- Ya Jabbar

- Ya Azis

- Ya Mutakabbir

3. Doa agar disayang istri.

Wanita identik dengan sering marah dan ngomel. Kadang suara berisik sang istri pun membuat suami pusing.

Nah kamu yang ingin istri lebih lembut dan penyabar, panjatkan doa Alquran surat Al-Baqarah ayat 165 dan surat Ali-Imran ayat 14.

"Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah"

Artinya:

"Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah." (QS. Al-Baqarah: 165)

"Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah"

Artinya:

"Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak." (QS. Ali-Imran: 14)

4. Doa pembuka hati agar urusan dilancarkan.

Doa meluluhkan hati seseorang freepik

foto: istimewa

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya:

"Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS. Thoha: 25-28)

RECOMMENDED BY EDITOR