Brilio.net - Sebagai umat Islam, segala aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari tentu saja semestinya dimulai dan diakhiri dengan berdoa. Seperti saat masuk dan ke luar masjid, sebaiknya kita membaca doa supaya ibadah yang akan dilakukan dalam masjid dapat membawa berkah.

Masjid difungsikan sebagai tempat beribadah umat muslim, seperti menunaikan sholat berjamaah, atau biasa juga dimanfaatkan sebagai tempat belajar dan mengajar keagamaan atau mengaji. Namun demikian, banyak hal yang bisa direalisasikan melalui masjid untuk tujuan kemaslahatan umat secara luas. Adapun fungsi masjid tertulis dalam Alquran surat An Nur ayat 36 dan surat Al Jin ayat 18 yang berbunyi:

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"Fii buyutin azinallaahu an turfa'a wa yuzkara fiihasmuhu yusabbihu lahu fiihaa bil-guduwwi wal-aasaal."

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Artinya:

"Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang."

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"Wa annal masaajida lillaahi fa laa tad'u ma'allaahi ahadaa."

Artinya:

"Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah."

Dari kedua ayat di atas, dijelaskan bahwa masjid adalah milik Allah, tak heran jika masjid sering disebut sebagai rumah Allah. Allah juga memerintahkan umat Islam untuk mengingat-Nya dengan bertasbih di masjid.

Untuk itu, sebelum menginjakkan kaki ke dalam masjid, alangkah baiknya kita membaca doa terlebih dahulu. Dan ketika akan meninggalkan masjid, juga lebih baik kembali membaca doa. Membaca doa masuk masjid dan doa keluar masjid merupakan suatu adab yang baik ketika memasuki tempat ibadah umat Islam tersebut.

Doa masuk masjid.

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika."

Artinya:

"Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

Selain doa tersebut, kamu bisa membaca doa berikut:

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik."

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah sholawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu."

Dari bacaan doa tersebut, seorang muslim meminta agar diberikan rahmat ketika mendatangi masjid untuk beribadah atau untuk hal-hal baik lainnya.

Doa keluar masjid.

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"Allahumma innii as-aluka min fadhlika."

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu."

Selain doa tersebut, kamu bisa membaca doa berikut:

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik."

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

Adab ketika di masjid.

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Berpakaian indah.

Seorang muslim yang akan berkunjung ke masjid sebaiknya mengenakan pakaian indah. Pakaian indah bukan berarti harus mahal dan baru, melainkan pakaian yang bersih dan menutup aurat. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Al A'raf Ayat 31 yang berbunyi:

Doa masuk dan keluar masjid © 2021 brilio.net

"Yaa banii aadama khuzu ziinatakum 'inda kulli masjidiw wa kulu wasyrabu wa laa tusrifu, innahu laa yuhibbul-musrifiin."

Artinya:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

2. Berwudu.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang berwudhu di rumahnya kemudian berjalan menuju salah satu rumah Allah, untuk menunaikan shalat wajib." (HR. Muslim)

Sebelum masuk ke dalam masjid, hendaknya kita mengambil wudhu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian tempat ibadah tersebut. Seperti dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Jika seseorang wudhu dengan sempurna, kemudian menuju masjid, maka Allah akan mencatat setiap langkahnya sebagai pahala untuknya, mengangkat derajatnya, dan menghapuskan dosanya." (HR. Muslim)

3. Berjalan ke masjid dengan tenang.

Rasulullah melarang umatnya berjalan menuju masjid untuk sholat secara tergesa-gesa walaupun sholat sudah didirikan. Abu Qatadah radhiallahu’anhu berkata:

"Saat kami sedang sholat bersama Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, tiba-tiba beliau mendengar suara kegaduhan beberapa orang. Sesudah menunaikan sholat beliau mengingatkan,

'Apa yang terjadi pada kalian?' Mereka menjawab, 'Kami tergesa-gesa menuju sholat.' Rasulullah menegur mereka, 'Janganlah kalian lakukan hal itu. Apabila kalian mendatangi sholat maka hendaklah berjalan dengan tenang, dan rakaat yang kalian dapatkan sholatlah dan rakaat yang terlewat sempurnakanlah'."

4. Masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan:

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan yang kanan, ketika memakai sandal, menyisir rambut, bersuci, dan yang lainnya." (HR. Bukhari, Ahmad)

Dari hadis tersebut, Rasulullah mengajarkan umatnya agar selalu mendahulukan organ tubuh sebelah kanan ketika melakukan aktivitas, terutama ketika beribadah.

5. Membaca doa masuk masjid.

Usahakan untuk masuk ke dalam masjid dengan mendahulukan kaki kanan sambil membaca doa masuk masjid supaya langkah kita untuk beribadah dirahmati oleh Allah.

6. Sholat tahiyatul masjid.

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunah yang bertujuan untuk memuliakan masjid sebagai tempat beribadah. Jumlah rakaatnya adalah dua rakaat dikerjakan saat memasuki masjid dan sebelum duduk.

Sholat tahiyatul masjid dilakukan ketika seorang Muslim datang ke masjid setelah azan selesai dikumandangkan dan dapat dilakukan saat mendekati waktu iqomah. Tahiyatul masjid berarti menghormati masjid sebagai tempat ibadah umat Islam. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Apabila kalian masuk masjid, jangan duduk, sampai sholat dua rakaat." (HR. Muslim)

7. Menunggu sholat dimulai dengan berzikir dan berdoa.

Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata:

"Setelah sholat dua rakaat hendaknya orang yang sholat untuk duduk menghadap kiblat dengan menyibukkan diri berdzikir kepada Allah, berdoa, membaca Alquran, atau diam dan janganlah ia membicarakan masalah duniawi belaka."

Berdasarkan sabda Rasulullah dalam sebuah hadis, terdapat keutamaan yang besar bagi seseorang yang duduk di masjid untuk menunggu sholat:

"Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam sholat selama sholat tersebut yang menahannya (di dalam masjid), dan para malaikat berdoa kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada pada tempat shalatnya, Mereka mengatakan, "Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadats."

8. Keluar masjid dengan membaca doa.

Sama seperti saat masuk masjid, ketika kita sudah selesai menunaikan ibadah di masjid maka sebaiknya keluar dengan membaca doa supaya ibadah yang dilakukan tadi diberikan keberkahan.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR