Brilio.net - Malam Nuzulul Quran menjadi istimewa karena Alquran turun ke Bumi untuk pertama kalinya ketika malam tersebut. Alquran turun ke Bumi melalui malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu dari Allah SWT pada Nabi Muhammad yang pada saat itu bertafakur di Gua Hira.

Untuk memperingati malam yang istimewa ini, biasanya umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nuzulul Quran adalah membaca Alquran, memperbanyak dzikir, beriktikaf, berdoa, serta menjalankan sholat malam.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/4), inilah doa-doa yang bisa dipanjatkan pada saat malam Nuzulul Quran.

1. Doa supaya akhlaknya semakin baik.

"Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan."

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Artinya:

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

2. Doa untuk meminta ampunan bagi orang tua.

"Allahummaghfir lii wa liwaalidayya warhamhuma kamaa rabbayanii shaghiraa."

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangi aku di waktu kecil."

3. Doa untuk meminta ampunan bagi kesalahan yang pernah diperbuat.

"Allahumma innaka 'afuwwun, tuhibbul 'afwa, fa'fu 'anni."

Artinya:

"Ya Allah, Engkau Pengampun dan pengampun kasih, jadi maafkan aku."

Selain doa, terdapat pula amalan-amalan baik yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Quran sebagaimana disebut sebelumnya. Berikut amalan yang bisa dilakukan sekaligus keutamaannya.

1. Istiqomah.

Istiqomah menjadi amalan tersendiri supaya dapat lebih istiqomah dalam membaca Alquran dan mengkhatamkannya pada bulan Ramadhan. Umat muslim perlu istiqomah dalam membaca dan memahami Alquran karena kitab tersebut merupakan pedoman bagi umat Islam di seluruh dunia.

2. Iktikaf.

Iktikaf merupakan amalan yang dilakukan dengan berdiam diri di masjid maupun rumah. Dengan niat beriktikaf hanya untuk beribadah kepada Allah, maka umat Islam diharapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya di malam Nuzulul Quran. Bahkan, iktikaf juga dapat menjadi wadah bagi umat muslim untuk melakukan introspeksi diri atas segala tindakan baik maupun buruk yang pernah dilakukannya.

3. Perbanyak bacaan doa dan dzikir.

Selain iktikaf, mendekatkan diri pada Allah juga dapat dilakukan dengan memperbanyak bacaan doa dan berdzikir. Dengan demikian, umat muslim dapat mendekatkan diri pada Allah, sekaligus menghayati betapa pentingnya malam Nuzulul Quran.

4. Sholat malam.

Sholat malam dapat dilakukan menjelang waktu sahur. Fungsinya adalah beribadah, berdoa, dan mendekatkan diri pada Allah di waktu yang mustajab karena sepertiga malam dikenal sebagai waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Sholat malam menjadi penting dilakukan pada malam Nuzulul Quran karena keistimewaan menjalankan ibadah ini tentu saja akan berlipat.

Rasulullah pun bersabda: "Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa." (HR.Tirmidzi).

5. Membaca Alquran.

Allah menjanjikan hamba-Nya dengan limpahan pahala dan kemuliaan ketika memperbanyak waktu untuk membaca dan mempelajari Alquran. Mengisi waktu selama malam Nuzulul Quran dengan membaca alquran pun sangat dianjurkan. Bahkan, sebaiknya umat muslim tidak hanya membacanya saja, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan membaca Alquran ini pun dijelaskan dalam hadis. Dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi:

“Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan Syafa’at kepada penganutnya”. (Hadist Riwayat Muslim).

Lalu dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Kitabullah (Alquran) maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu nantinya akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim Satu Huruf, tetapi alif Satu Huruf, Lam satu huruf dan mim satu huruf”. (Hadist Riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR