Brilio.net - Majelis merupakan suatu perkumpulan, pertemuan, atau acara yang memiliki manfaat positif dengan memiliki adab-adab bermajelis. Secara harfiah pengertian majelis adalah lembaga atau sekelompok orang yang merupakan satu kesatuan dengan tujuan yang sama.

Menghadiri sebuah kegiatan atau acara menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia sebagai makhluk sosial. Apalagi pertemuan yang memiliki tujuan baik dan mengharap keridhoan Allah, seperti halnya kegiatan belajar atau menuntut ilmu, pengajian, silaturahmi, dan bekerja. Maka pertemuan dalam majelis ini akan mendapatkan rahmat dan perlindungan dari Allah.

Seusai kegiatan majelis tersebut, biasanya akan ada acara penutupan sebagai simbol untuk mengakhiri pertemuan. Sebelum mengucapkan salah penutup, alangkah baiknya membaca doa kafaratul majelis (penutup majelis) terlebih dahulu, supaya mendapatkan berkah. Pasalnya setiap kegiatan yang dimulai dengan baik, hendaknya ditutup dengan baik pula agar senantiasa dirahmati oleh Allah.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut doa kafaratul majelis beserta terjemahan dan keutamaannya, pada Senin (2/5).