Brilio.net - Setiap manusia yang hidup ada kalanya pasti merasa sedih, bimbang, dan gelisah. Wajar saja, karena manusia memiliki hati dan perasaan. Terkadang berbagai masalah dan cobaan datang silih berganti yang membuat hati jadi tak tenang, apalagi jika masalah yang sedang dihadapi amat rumit.

Bagi umat Islam, masalah yang datang diartikan sebagai cobaan dan ujian dari Allah, bahkan Allah telah berfirman pada surat Al-Baqarah ayat 286, yang artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya."

Ada beberapa yang bisa dilakukan seorang umat muslim jika sedang dihadapkan dengan masalah yang membuat tak tenang, seperti berdoa, berikhtiar, dan berserah diri kepada Allah. Umat muslim juga harus percaya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penolong hambanya. Dengan berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah, merupakan suatu cara untuk menghadapi cobaan saat merasa gelisah sehingga membuat kamu merasa lebih tenang dan ikhlas.

Lebih lanjut, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, inilah doa agar hati tenang dan ikhlas beserta arti pada Kamis (21/4).