Brilio.net - Diversifikasi adalah salah satu bentuk strategi korporasi yang bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas melalui peningkatan volume penjualan dalam bentuk produk baru atau pasar baru. Diversifikasi terjadi pada level unit perusahaan atau level perusahaan. Diversifikasi pada level unit perusahaan merupakan pengembangan usaha dari bisnis yang utama dengan membentuk segmen baru. Sedangkan, diversifikasi pada level perusahaan adalah pengembangan usaha baru tanpa ada kaitannya dengan bisnis utama.

Diversifikasi dilakukan untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai diversifikasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (18/7).

Pengertian diversifikasi

penjabaran mengenai diversifikasi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Kaleidico

Diversifikasi merupakan strategi pertumbuhan sebuah korporasi di mana perusahaan memperluas operasionalnya dengan berpindah ke industri yang berbeda. Diversifikasi merupakan strategi tingkat corporate yang fokus pada tindakan untuk memperoleh keunggulan bersaing dengan memilih dan mengelola kelompok-kelompok bisnis yang berbeda di dalam beberapa industri dan pasar. Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan cara menambah usaha baru baik yang relevan atau tidak dengan usaha inti perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.