Brilio.net - Disiplin merupakan suatu sikap atau perilaku yang diharapkan oleh setiap pendidik agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan (tata tertib). Disiplin juga dimaknai sebagai sikap mental untuk mau mematuhi peraturan dan bertindak sesuai dengan peraturan secara sukarela.

Dalam arti lain, disiplin dapat dimaknai sebagai proses menyerahkan atau mengabdikan kehendak langsung, dorongan-dorongan, keinginan atau kepentingan pada suatu cita-cita atau tujuan tertentu untuk mencapai efek yang lebih besar. Pada hakikatnya, disiplin adalah kemampuan untuk mengendalikan diri agar tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang ada. Untuk memahami lebih rinci mengenai disiplin, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (20/7).

Pengertian disiplin

disiplin beserta tujuan dan fungsinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Dave Lowe 

Secara etimologis, disiplin berasal dari bahasa Latin yaitu "discipulus" yang berarti siswa atau murid. Dalam perkembangannya, kata tersebut mengalami perubahan bentuk dan perluasan arti. Kata disiplin dapat diartikan sebagai ketaatan, metode pengajaran, mata pelajaran, dan perlakukan yang cocok bagi seorang murid atau pelajar. 

Disiplin juga bermakna sebagai hukuman atau kontrol yang memperkuat ketaatan. Disiplin merupakan latihan waktu dan batin agar segala perbuatan seseorang sesuai dengan peraturan yang ada. Disiplin juga berhubungan dengan pembinaan, pendidikan. dan perkembangan pribadi manusia. Selain itu, disiplin juga menjadi suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, dan ketertiban. 

Beberapa ahli juga memberikan definisinya mengenai disiplin. Definisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menurut Soegeng Prijodarminto, disiplin didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban. Nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya.

2. The Liang Gie mendefinisikan disiplin sebagai suatu keadaan tertib di mana orang-orang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan senang hati.

3. EB Hurlock mengungkapkan bahwa disiplin berasal dari kata yang sama dengan "disciple", yaitu seorang yang belajar dari atau secara sukarela mengikuti seorang pemimpin.

4. Menurut GR Terry, disiplin merupakan suatu kemampuan individu yang terjadi atas dasar kesadaran dan kerelaan diri maupun karena perintah atau tuntutan yang lain.

5. Suharsimi Arikunto mengemukakan bahwa disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena dorongan kesadaran yang ada pada hatinya tanpa ada paksaan dari pihak luar.

6. Thomas Gordon mendefinisikan disiplin sebagai perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus-menerus.

Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa disiplin dapat diartikan sebagai kesediaan untuk mematuhi peraturan karena didasari oleh adanya kesadaran tentang nilai dan pentingnya peraturan tersebut.