Brilio.net - Negeri Sakura Jepang memang dikenal dengan kisah-kisah uniknya yang kerap jadi sorotan. Kali ini, ada sosok wanita yang dijuluki Rapunzel Jepang karena memiliki rambut sepanjang 6 kaki atau 1,8 meter.

Wanita ini bernama Rin Kambe. Di usianya yang sudah menginjak 35 tahun, Rin ternyata tidak pernah memotong rambutnya selama 15 tahun.

Dilansir dari Oddity Central melalui Liputan6.com, Kamis (26/11), Rin berasal dari Tokyo. Ia tidak pernah diizinkan menumbuhkan rambutnya saat kecil. Dia berada di tim sepak bola putri sehingga membuat rambutnya harus pendek. Ketika dewasa, ia memutuskan untuk memanjangkan rambut dan menggunakannya sebagai "senjata ekspresi".

"Saya tumbuh dengan orangtua yang keras, ketika masih kecil saya berada di tim sepak bola putri dan selalu mendapat jalan pintas karena hal ini," ujar Rin.

rambut rapunzel jepang © Instagram


© Instagram/@rin_rapunzel

Terakhir kali dia memotong rambut Rapunzelnya tersebut adalah 15 tahun yang lalu, dan sekarang rambut hitam lurusnya sudah sepanjang 5 kaki 10 inci, 4 inci lebih tinggi dari tingginya sendiri.

"Saya menumbuhkan rambut ketika mulai menari dengan serius pada usia sekitar 20 tahun, dan kini rambutnya menyentuh lantai. Saya mulai menumbuhkan rambut karena ingin bersinar dengan caraku sendiri," lanjut Rin.

Meskipun rambutnya kadang-kadang menghalangi saat melakukan tugas-tugas yang paling sederhana, seperti mengganti pakaiannya, Rin mengatakan bahwa dia menyukai rambut panjangnya. Rin juga menilai bahwa rambut Rapunzelnya adalah "keindahan Asia".

rambut rapunzel jepang © Instagram


© Instagram/@rin_rapunzel

Penari dan model Jepang ini lantas membeberkan bahwa dirinya seringkali ditanyai apakah rambutnya asli dan menerima reaksi beragam dari orang lain. Beberapa sangat terkesan olehnya, sementara lainnya menganggap terlalu berlebihan.

Meskipun dia telah menjadi sasaran komentar kebencian di media sosial karena penampilannya yang tidak biasa. Namun, ia mengatakan bahwa dirinya telah belajar untuk menerima pendapat dari masing-masing orang.

“Saya mendapatkan banyak reaksi atas rambut saya. Ada laki-laki di dunia yang menghargainya dan ada juga yang menganggapnya monster. Saya pikir wajar jika ada perbedaan pendapat di dunia ini dan jika saya tidak percaya diri, saya bersedia menerima pendapat orang lain. Bagaimanapun, saya senang orang-orang tertarik pada rambut saya," tukasnya.

rambut rapunzel jepang © Instagram


© Instagram/@rin_rapunzel

Terlepas dari segala kritik yang ia terima, Rin menganggap bahwa rambutnya adalah "sesuatu yang indah" dan tidak berencana memotongnya dalam waktu dekat. Rambutnya menjadi "senjata ekspresi" baginya dan ia bahkan telah menemukan cara untuk memanfaatkan rambutnya ke dalam tarian.