Brilio.net - Gerakan Birukan Langit Indonesia bersama KVIBES.ID dan United Creative sukses mengajak puluhan ribu generasi muda untuk menikmati musik serta gerakan peduli lingkungan dan cinta produk lokal dalam acara Birukan Langit Indonesia Festival (BLIF) 2022 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada Jumat (26/8). Acara BLIF 2022 menjadi momen bagi anak muda Indonesia untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan bangga menggunakan produk lokal.

Sebagai perwujudan dari ajakan untuk peduli lingkungan, BLIF 2022 telah menyiapkan sistem waste management di beberapa titik area festival. Tidak hanya menjadi wadah untuk peduli lingkungan, komunitas penikmat musik yang hadir juga dapat berpartisipasi untuk menjadi bagian dari movement yang turut mendukung ekonomi lokal (UMKM).

Terdapat beberapa Booth UMKM yang menjual beragam produk mulai dari pakaian hingga makanan dari pegiat UMKM di seluruh Indonesia dengan kemasan yang ramah lingkungan. Komunitas yang hadir senang akan adanya puluhan booth yang tersedia, terbukti dari antusiasme mereka saat mendatangi hampir seluruh booth UMKM yang terdiri dari Food and Beverage dan Fashion.

Birukan Langit Indonesia Festival 2022 © berbagai sumber

foto: BLIF 2022/Movement Leader Birukan Langit Indonesia, Bima Arya

Movement Leader Birukan Langit Indonesia, Bima Arya mengatakan bahwa sampah yang dikumpulkan saat festival akan kembali diolah dan dikelola.

“Yang istimewa hari ini adalah sampah yang kita kumpulkan akan kembali diolah, dikelola, dan kemudian didistribusikan ke 800 titik jaringan kolaborasi. Akumulasi jumlah sampah juga terus diperbarui setiap jam nya secara real time dan ditampilkan di layar LED. Pada Jumat (26/8) pukul 22:00 WIB, tercatat terdapat sebanyak 465 Kg sampah organik dan 1742 Kg sampah anorganik yang telah terakumulasi," tutur Bima.

Lebih lanjut, Bima menyampaikan bahwa festival ini menjadi momentum yang tepat untuk memberikan edukasi mengenai lingkungan kepada anak muda Indonesia.

“Momentum yang pas untuk memberikan edukasi tentang lingkungan, karena memang tema besar nya adalah lingkungan, makanya tagline nya adalah Birukan Langit Indonesia Festival” tambah Bima Arya.

Birukan Langit Indonesia Festival 2022 © berbagai sumber

foto: BLIF 2022

“BLIF 2022 memiliki tim khusus untuk membersihkan sampah-sampah plastik. Dan ada jumlah total perhitungan sampah setiap jam nya,” ujar Youth Leader Birukan Langit Indonesia, Zita Anjani.

Zita menambahkan bahwa 100% keuntungan yang didapatkan dari BLIF 2022 akan didonasikan untuk Gerakan Birukan Langit Indonesia. Acara festival musik yang diselenggarakan oleh BLIF 2022 turut menghadirkan sederet musisi Tanah Air dan mancanegara mulai dari UNGU, Vierratale, Maliq & D'essentials, Tiara Andini, Brisia Jodie, Fabio Asher, Christie, OKAAY, hingga grup Kpop ASTRO.

Birukan Langit Indonesia Festival 2022 © berbagai sumber

foto: BLIF 2022

Anggota komunitas fans ASTRO, Shafa mengaku turut senang dengan adanya acara ini karena akhirnya dapat melihat penampilan idol Korea ASTRO setelah lima tahun. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa banyaknya pilihan booth di lokasi memudahkan pengunjung untuk kebutuhan makanan dan minuman.

“Seneng banget bisa nonton ASTRO lagi setelah 5 tahun. Kita excited banget nonton ASTRO dan totalitas menyiapkan fan project nya. Ada musisi lokal lain pula, lengkap banget bintang tamunya. Ada banyak booth juga jadi nggak bingung mau jajan di mana," ujar Shafa.

Seperti yang diketahui, Aroha Indonesia melalui @astroid_ memberikan Bouquet Bunga untuk ASTRO serta mempersembahkan sebuah lagu yang akan dinyanyikan bersama, yaitu By Your Side.

Tidak hanya Kpopers, fans dari boy grup lokal UN1TY juga turut memeriahkan acara BLIF 2022. Terlihat dari antusiasme fans UN1TY yaitu YOUN1T yang membuat project handbanner serta stiker biru dan ungu yang dilekatkan pada flashlight ponsel sehingga UN1TY membirukan langit Istora Senayan.

Sederet selebritas ternama Tanah Air dan beberapa Kpop influencer media sosial juga turut memeriahkan acara seperti, Nagita Slavina, Caren Delano, Elly Sugigi, Ivan Gunawan, Ayu Tingting, Nathalie Holscher, Brandon Salim, Geby Srikandi, dan Kim Darlings.

BLIF 2022 juga mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Yayasan Bina Matahari Bangsa dan Panti Asuhan Pondok Kasih Agape untuk mengajak mereka menikmati festival musik sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta cinta dan bangga pada produk lokal.

Yuk jadilah generasi muda yang peduli akan lingkungan dan bangga dengan produk lokal!