Brilio.net - Pernahkah kamu melihat rumah di area perbukitan? Rumah-rumah yang dibangun di lahan berkontur tidak rata itu biasanya cenderung unik dan antimainstream. Salah satu konsep rumah yang bisa diaplikasikan di lahan perbukitan adalah konsep downslope.

Meski begitu, masih banyak orang yang ragu membangun hunian di tanah yang tak rata. Hal ini wajar saja, karena kamu perlu memperhatikan aspek ketahanan hunian. Namun, dengan mengaplikasikan konsep downslope kekhawatiran dan keraguanmu akan sirna.

Hunian dengan konsep downslope ini mendesain lantai bangunan mengikuti lereng tanah untuk menyesuaikan kontur lahan. Karena konsepnya yang berbeda, nggak heran jika rumah di perbukitan memiliki bentuk atau desain yang unik. Rumah dengan konsep downslope atau split level biasanya akan memberikan kesan dinamis.

Seperti yang tampak pada rumah yang satu ini. Melansir dari akun TikTok @bundaindahbatam_, pemilik akun tersebut memperlihatkan desain rumahnya yang bikin bingung. Video itu memperlihatkan hunian yang berada di dua tempat yakni kompleks perumahan dan pemukiman dengan lahan perbukitan.  

rumah bikin bingung © TikTok

foto: TikTok/@bundaindahbatam_

"Ini bunda online batam yang rumahnya bikin bingung. Iya, kok tau? Yuk liat lagi ya yang belum liat, ini bunda mau tunjukin sesuatu," katanya.

Pertama pemilik akun itu memperlihatkan bagian depan rumahnya yang berada di lantai 1. Tidak ada yang tampak aneh dengan pemandangan tersebut. Kondisi depan rumah seperti hunian di perumahan pada umumnya.

rumah bikin bingung © TikTok

foto: TikTok/@bundaindahbatam_