Brilio.net - Demografi adalah studi tentang penduduk yang dilihat dari ukuran (jumlah), struktur atau komposisi, persebaran ke ruangan, dan faktor yang memengaruhi jumlah, struktur, dan persebaran penduduk di suatu wilayah tertentu. Demografi terdiri dari aspek kependudukan yang bersifat statis dan dinamis.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), demografi dapat diartikan sebagai ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk. Arti demografi lainnya adalah ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik dan ilmu kependudukan. Nah, untuk mengetahui lebih rinci mengenai demografi, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (23/6).

Pengertian demografi.

 pengertian, tujuan, dan manfaat demografi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Muhammad Abdul Majid

Secara bahasa, demografi memiliki makna sebagai penyelidikan tentang berbagai kelompok pemakai bahasa dan variasi bahasa dalam suatu masyarakat dengan mempergunakan statistik dan penggolongannya berdasarkan faktor kelas sosial, agama, umur, tempat, pendidikan, dan sebagainya.

Kata demografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "demos" yang berarti penduduk dan "grafein" yang berarti gambaran, sehingga demografi adalah sebuah ilmu yang mempelajari penduduk atau manusia terutama tentang kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk yang terjadi.

Demografi melibatkan studi ilmiah mengenai ukuran, penyebaran penduduk baik secara geografi maupun spasial, komposisi penduduk, serta perubahan yang terjadi dari masa ke masa.

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR