Brilio.net - Sebanyak 1.200 kamera CCTV yang kini sudah terpasang di Surabaya, Jawa Timur. Bahkan sebentar lagi Pemkot Surabaya akan menambah 280 kamera, dan totalnya 1.480 unit. Namun ini tentulah bukan kamera CCTV biasa, pasalnya telah berbasis face recognition, atau pendeteksi wajah.

Dilansir dari merdeka.com, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan jika setelah CCTV dengan face recognition sudah dipasang, ia akan melakukan pertemuan bersama densus, dan kepolisian untuk pengamanan di Kota Pahlawan menggunakan teknologi ini.

"Saya berharap tiap pintu masuk kampung juga memiliki fasilitas itu," ujarnya seperti dikutip dari merdeka.com, Senin (23/9).

Menurut dia, terobosan teknologi terbaru ini, bertujuan untuk memantau dan memberikan keamanan bagi masyarakat. Sebab, teknologi itu mampu membantu dalam menangani berbagai masalah yang terjadi di jalan raya.

Misalnya saja jika terjadi kecelakaan tabrak lari, maka kejadian itu dapat tertangkap kamera yang terkoneksi dengan data kependudukan.

Loading...

Setelah teknologi ini berjalan, lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan konsep dan langkah berikutnya untuk terus mengembangkan teknologi face recognition tersebut.

"Jadi misal kalau ada orang yang dua kali tertangkap kamera di lokasi seperti sekolah tapi tidak melakukan apa-apa, maka nanti kita akan lakukan analisa siapa orang tersebut," sambungnya.

RECOMMENDED BY EDITOR