Brilio.net - Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang dipakai oleh masyarakat Indonesia. Berpusat di pulau Jawa, nyatanya bahasa ini juga dipakai etnis Jawa yang tinggal di luar pulau seperti di Sumatera, Kalimantan, Papua, bahkan sampai luar Indonesia tepatnya di Suriname.

Bahasa Jawa adalah bahasa yang berkembang sejak abad ke-9 di pulau Jawa. Bahasa Jawa kuno menjadi pondasi awal yang kemudian berkembang menjadi Jawa Modern hingga kini.

Pada masa Kesultanan Mataram, bahasa Jawa mengalami perkembangan dengan membaginya dalam beberapa tingkatan seperti bahasa Jawa krama inggil, krama, dan ngoko.

alasan kenapa bahasa Jawa beda-beda kosakata dan dialeknya Berbagai sumber

foto: Balaibahasa.kemendikbud.go.id

Sementara itu, bahasa Jawa yang tersebar di berbagai wilayah juga mengalami perkembangan yang akhirnya menjadikan dialek tersendiri di masing-masing wilayah.

Nah, kamu pernah nggak sih bertanya-tanya, kenapa bahasa Jawa tuh beda-beda dialeknya di tiap daerah? Bukan cuma beda dialek, bahkan ada juga loh yang kosakatanya berbeda.

Kira-kira kenapa ya alasannya? Yuk simak ulasan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Selasa (24/1).