Brilio.net - Kita pasti familiar dengan banyaknya tes intelejensia yang seringkali beredar di internet. Mulai dari tes tebak-tebakan yang menentukan kejeniusan, hingga tes yang akhirnya bisa menentukan bagaimana kepribadian kita. Lalu bagaimana kalau kamu diuji kejelian di bidang tindak kriminalitas, layaknya detektif?

Nah kali ini seperti yang brilio.net lansir dari laman brightside.me, Jumat (8/9), berikut ini ada 5 tebak-tebakan soal kriminalitas, yang cuman bisa ditebak oleh si jenius. Buktikan kalau kamu juga salah satunya dengan menebak tes ini ya!

1. Tebak-tebakan yang pertama: Melarikan diri dari penjara

Joni ditahan di dalam sebuah penjara yang penuh dengan lumpur di dalamnya. Sedangkan ada sebuah jendela kecil yang tidak ada seorang pun yang bisa naik. Penjara tersebut kosong dan hanya ada satu sekop saja. Di dalam sana sangat panas dan kering, dan Joni tidak mendapat minum dan makanan dalam waktu sesegera mungkin. Sehingga ia hanya punya waktu dua hari untuk melarikan diri dari penjara. Jika tidak, maka ia akan mati.

Jika ia melarikan diri dengan menggali tanah, ia juga akan mati karena itu akan menghabiskan waktu lebih dari dua hari. Jadi, bagaimana carammya Joni bisa keluar dari penjara?

2. Tebak-tebakan yang kedua: Pembunuhan di sekolah

Saat awal pertama masuk sekolah, seorang guru Geografi ditemukan meninggal dunia. Polisi pun mencurigai empat orang: tukang kebun, guru Matematika, guru olahraga, dan kepala sekolah. Namun keempatnya rupanya memiliki alibi. 

- Tukang kebun saat itu sedang memotong rumput.
- Guru matematika sedang melaksanakan tes tengah semester.
- Guru olahraga yang sedang bermain bola basket.
- Kepala sekolah sedang berada di kantornya.

Menurutmu siapakah pembunuhnya?

3. Tebak-tebakan ketiga: Pria sendirian

Ada seorang pria yang tinggal sendirian di sebuah kota. Ia tidak pernah meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Dan pada hari Jumat, seorang tukang pos mengirimkan surat ke rumah pria itu dan memanggilnya. Namun tidak ada jawaban. Kemudian tukang pos tersebut melihat melalui jendela dan melihat sang pria berlumuran darah. Ketika polisi datang, mereka menemukan koran hari Kamis, dua botol susu yang masih hangat dan satu botol susu dingin.

Menurutmu siapa yang menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut?

4. Tebak-tebakan keempat: Pil

Seorang pembunuh berantai mencullik banyak orang dan menyuruh orang yang diculiknya untuk minum satu dari dua pil: satu adalah pil tak berbahaya, satunya adalah pil beracun. Pil manapun yang diambil oleh korban, maka pembunuh tersebut akan meminum pil yang lainnya. Nah, korbannya meminum obat dengan air dan kemudian meninggal. Begitu terjadi seterusnya.

Lalu, bagaimana sang pembunuh selalu mendapat pil yang tidak berbahaya?

5. Tebak-tebakan kelima: Bahan-bahan kimia

Seorang ahli Kimia tiba-tiba ditemukan meninggal di dalam laboratorium. Tidak ada satu pun bukti yang tertinggal kecuali selembar kertas dengan tulisan bahan-bahan kimia di samping sang korban. Pada saat ia meninggal, ada tiga orang yang datang ke laboratorium tersebut, istri ahli Kimia yang bernama Mary, ponakannya bernama Nicolas dan temannya Jonatan. Polisi pun akhirnya menangkap pembunuh yang merupakan salah satu dari mereka.

Bagaimana mereka mengetahuinya?

2 dari 2 halaman

Nah buat kamu yan penasaran, yuk intip di bawah ini jawabannya dengan KLIK NEXT!

Ini lho jawaban tebak-tebakannya:

1. Tebakan pertama

Joni menggunakan sekop untuk mengumpulkan tanah dan menumpuk tanah tersebut hingga meraih jendela.

2. Tebakan kedua

Pembunuhnya adalah guru matematika yang mengatakan bahwa ia sedang mengadakan ujian tengah semester. Padahal kejadian pembunuhan adalah saat awal tahun ajaran.

3. Tebakan ketiga

Pembunuhnya adalah tukang pos. Di mana ditemukan surat kabar hari Kamis dan juga masih adanya susu yang masih hangat.

4. Tebakan keempat

Kedua pil tersebut tidak berbahaya, yang berbahaya adalah air dalam gelas tersebut.

5. Tebakan kelima

Dalam kertas tersebut ada clue yang tertulis. Jika kamu menggabungkan bahan kimia itu, mka akan bisa membentuk nama: Ni-C-O-La-S.